9 Teknik Relaksasi untuk mengurangi stress

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Teknik Relaksasi Mengatasi Stress

Rilek atau relaksasi adalah suatu kondisi yang sangat baik bagi tubuh kita, dan membutuhkan waktu sedikit untuk mencapainya. Kondisi rilek tidak mengharuskan kita melakukan spa ataupun berpergian ke tempat wisata. Berikut ini kami jelaskan beberapa langkah atau cara relaksasi menghilangkan stress untuk mencapai kondisi rileks atau relaksasi yang dapat kita lakukan kurang dari 15 menit saja.

  1. Meditasi atau berdzikir dengan tenang

Menjalankan langkah ini selama beberapa menit perhari dapat menurunkan tingkat kecemasan. Menurut dr. Agus Budi Utomo Sp.S, ahli penyakit saraf, bahwa berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan meditasi atau berdzikir setiap hari mampu merubah lintasan lintasan saraf otak, menyebabkan kita mudah mengendalikan stress.

Meditasi dapat ditempuh dengan cara sederhana yaitu duduk tenang dengan mata tertutup, fokuskan diri untuk merasa rilek dan pada awal awal kita berusaha menikmati. Pikiran pikiran yang menggganggu kita singkirkan, dan bagi muslim bisa sambil berdzikir dengan tenang.

teknik relaksasi mencegah stress

  1. Bernafas dalam

Cara relaksasi nafas dalam, silahkan ambil waktu 5 menit dan berusaha fokus pada pernafasan kita. Posisi tubuh dalam kondisi duduk tegak, mata tertutup, dengan tangan secara rileks kita letakkan di sekitar perut. Secara perlahan tarik nafas melalui hidung, rasakan nafas kita yang mengalir menuju perut hingga ke puncak kepala. Kemudian saat udara kita keluarkan kita balik proses tadi.

Langkah bernafas dalam ini akan mampu menurunkan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah, menurut keterangan tambahan dr. Agus Budi Utomo Sp.S tentang fungsi bernafas dalam.

  1. Nikmati setiap tindakan

Pada langkah berikut ini kita berusaha fokus pada setiap kegiatan yang kita jalankan, kita nikmati setiap langkah yang kita jalani, setiap kaki kita menyentuh tanah. Pada saat kita makan kita coba fokus dan menikmati akan apa yang kita makan, baik rasa, bentuk dalam setiap gigitan apa yang kita makan.

  1. Temukan sekelilingmu

Hubungan sosial kita merupakan keadaan yang sangat mempengaruhi kondisi relaksasi kita, dan merupakan metode yang sangat ampuh untuk melawan stress. Temui orang orang yang ada disekeliling kita, kita saling berhadapan, kita bicarakan apa yang perlu kita selesaikan, kalau perlu bisa melalui handphone. Berbagilah apa yang sedang terjadi, maka kita akan mendapatkan beberapa cara pandang baru selain meningkatkan hubungan dengan orang yang kita cintai.

  1. Periksa tubuh anda

Kita mencoba melakukan scaning tubuh kita dengan cara kita tiduran atau duduk kaki menyentuh tanah. Kita mulai dari ujung jari hingga kulit kepala, kita rasakan apakah ada kondisi yang mengganggu tubuh kita. Selama 1-2 menit kita bayangkan bahwa setiap nafas kita melewati bagian tubuh yang tegang, rasakan sensasi tubuh kita seluruhnya mengalami rilek.

  1. Dekompresi

Dekompresi merupakan tindakan yang kita lakukan dengan menggunakan penghangat yang kita letakkan di leher atau bahu selama 10 menit. Pada langkah ini kita menutup mata dan berusaha rilek pada otot otot wajah, leher, dada, punggung. Bola tenis juga bisa kita gunakan untuk sedikit memberi tekanan pada beberapa tubuh yang ada tekanan, misal ada rasa tidak enak di paha maka kita gunakan bola tenis untuk memberi tekanan pada paha selama kurang lebih 15 menit.

  1. Tersenyumlah

Kondisi tersenyum selain menyenangkan bagi yang melihatnya ternyata juga mampu menurunkan kadar hormon kortisol, yang dipercaya sebagai hormon pemicu stress, tersenyum mampu memacu otak mengeluarkan endorphin yang menjaga mood atau perasaan kita. Silahkan cari keadaan yang mempu memuat kita tersenyum.

  1. Bergeraklah

Kita tidak harus berlari untuk mencapai kondisi rilek, namun semua jenis gerakan baik itu berjalan, yoga mampu menurunkan depresi dan kecemasan dengan cara selalu merangsang otak untuk melepaskan hormon yang bermanfaat buat tubuh. Ambil waktu untuk melakukan jalan kaki, naik turun kursi ata beberapa jenis gerakan senam yang sederhana karena tindakan ini akan merangsang kondisi relaksasi tubuh kita.

  1. Selalu bersyukur

Bikin jurnal atau catatan yang selalu mengingatkan kita akan hal hal baik yang bisa membikin kita selalu bersyukur terhadap hidup ini. Dengan menjadi pribadi yang penuh syukur menurut dr. Agus Budi Utomo Sp.S dapat melawan semua pikiran negatif maupun ketakutan akan hidup.

Catatan ini bisa kita isi dengan pengalaman kita dengan anak kita, prestasi kita, kesehatan kita dan lain-lain. Catatan ini juga bisa kita isi dengan hobi kita yang terbaru, sehingga setiap kali kita stres kita buka catatan kita dan tersenyumlah, bersyukurlah karena kita sudah mendapat kehidupan yang membahagiakan.

Bagikan Artikel teknik relaksasi mengurangi stress ini jika ternyata bermanfaat bagi anda.

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply