Startup Ini Mendapat Keuntungan Dari Pandemi Covid19

1 min read

Startup Ini Mendapat Keuntungan Dari Pandemi Covid19

Startup Ini Mendapat Keuntungan Dari Pandemi Covid19 – Chief Investment Strategist Temasek Rohit Sipahimalani ini menegaskan layanan HealthTech dan EdTech memegang peranan yang cukup penting ketika pandemi covid19 meski layanan ini terbilang baru lahir.

HealTech sangat dibutuhkan, awalnya banyak yang tidak percaya dan ini berbalik sejak pandemi, dimana di indonesia misalnya ada beberapa layanan HealtTech antara lain Halodoc, Grab Health dan lainya.

Startup Ini Mendapat Keuntungan Dari Pandemi Covid19

Laporan dari e-Conomy SEA Tahun 2020 ini mencatat bahwa pengguna HealthTech alias Telemedicine ini naik 4 kali lipat selama pandemi covid19 dan masih berdasarkan laporan tersebut investasi untuk Healtech juga meningkat jumlahnya.

Semester pertama 2020 ada 50 investasi senilai 22 juta US$, naik dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang hanya US$ 19 juta atau sebanyak 45 kali investasi yang didapat oleh HealthTech.

Startup Ini Mendapat Keuntungan Dari Pandemi Covid19

Pada masa covid19 ada startup EdTech yang menjadi platform yang banyak dibutuhkan sejak diberlakukannya lockdown tepatnya pada bulan maret – april dimana beberapa negara seperti singapura dan malaysia kala itu langsung menyusun pendidikan anak jarak jauh.

Indonesia pun memiliki beberapa platform untuk pembelajaran jarak jauh dan salah satunya adalah Ruang Guru dimana Google juga meluncurkan Google Clasroom sejak juni dimana hingga saat ini sudah diakses oleh 10 ribu sekolah, 330 ribu guru juga 2,5 juta murid yang sudah menggunakan platform ini dimana EdTech naik 3 kali lipat selama pandemi.

Adapun investasi di ekonomi digital untuk sektor EdTech ini juga mengalami kenaikan hingga semepter pertama 2020, ada 49 kali investasi yang tercatat untuk sektor dengan nilai US $600 ribu.

Startup Ini Mendapat Keuntungan Dari Pandemi Covid19

Salah satu startup yang membuat kenaikan permintaan salah satunya GoJek dimana membuat bisnis ride hailing atau transportasi online lesu. Namun layanan pesan antar makan atau GoFood mengalami kenaikan karena banyak masyarakat yang memesan makanan apalagi tak bisa langsung mengunjungi restoran atau tempat makan.

Bisnis E-Commerce seperti bukalapak dan Tokopedia juga mendapatkan berkah dari wabah corona dimana banyak pusat perbelanjaan yang tutup karena himbauan pemerintah daerah telah membuat pengguna beralih ke belanja online, tapi tetap ada variasi pertumbuhan e-Commerce antara satu jenis produk dengan yang lainnya.

Selain itu ada aplikasi yang kurang beruntung yakni Online Travel Agency seperti Traveloka dimana startup terpukul bisnis karena tidak banyaknya orang yang bepergian selama wabah corona dan apalagi ada larangan akan hal tersebut.

Nah, itu adalah beberapa startup yang meraih keuntungan ketika masa pandemi covid19 tentu menjadi berita yang cukup penting untuk menmbah wawasan kita mengenai Startup Ini Mendapat Keuntungan Dari Pandemi Covid19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *