Pertolongan Pertama Untuk Merawat Luka Ringan

1 min read

Pertolongan Pertama Untuk Merawat Luka Ringan

Pertolongan Pertama Untuk Merawat Luka Ringan – Lecet serng terjadi ketika kulit bergesekan dengan permukaan yang kasar sehingga mengelupas lapisan atas kulit, meski luka tersebut tergolong luka ringan luka ini juga memerlukan perawatan.

Kulit ini tentunya memiliki beberapa bagian dimana bagian paling atas disebut epidermis dan bagian di bawahnya disebut dermis, sebagian orban tubuh terluar dan terluas dari tubuh rentan terkena goresan dan terluka, dimana luka ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja.

Pertolongan Pertama Untuk Merawat Luka Ringan

Termasuk lutut, siku, lengan dan kepala dimana pada umumnya luka lecet ini terjadi pada epidermis kulit dan luka ini tentunya tidak separah luka sayat atau robekan yang menyebabkan pendarahan yang hebat.

Tetapi luka lecet yang dalam dapat meninggalkan bekas atau jaringan parut pada kulit dimana luka lecet ini merupakan salah satu jenis luka terbuka yang bisa terjadi pada permukaan luar kulit dimana selain itu terdapat beberapa jenis luka lain yang perlu diketahui yaitu luka sayat, luka robek, luka tussuk dan luka terkelupas.

Pertolongan Pertama Untuk Merawat Luka Ringan

Pada tingkat luka ringan, luka lecet umumnya dapat ditangani sendiri di rumah namun kalian perlu ingat, kalian perlu mencuci tangan dengan air sabun hingga bersih sebelum membersihkan luka, berikut adlaah beberapa upaya perawatan luka sebagai berikut.

Pertolongan Pertama Untuk Merawat Luka Ringan

  • Bersihkan luka dari kotoran yang menempel di bawah air mengalir
  • Gunakan sabun bayi untuk membersihkan luka
  • Hindari menggunakan bahan pembersih mengandung alkohol, iodine ataupun hidrogen peroksida langsung di luka terbuka karena bisa menyebabkan iritasi.
  • Oleskan antibiotik untuk membuat luka tetap lembab.
  • Tutup luka dengan kasa steril yang lembut dan perlu diganti setiap hari.
  • Gunakan obat pereda nyeri
  • Hindari luka dari paparan sinar matahari untuk mencegah hiperpigmentasi yang permanen.
  • Hindari mengoleskan salep atau bahan selain obat luka kecuali dari anjuran dokter.

Nah, itu adalah beberapa informasi mengenai cara pertolongan pertama yang kalian bisa dapatkan untuk melakukan pengobatan terhadap luka ringan dimana tentunya kalian tidak boleh meremehkan luka yang ringan agar kalian selalu waspada agar bisa mencegah terjadinya luka yang parah.

Jika lecet terlalu lebar dan dalaam kalian perlu periksa diri ke dokter dimana jika kalian ragu melakukan pengobatan sendiri, waktu penyembuhan luka tentunya berbeda tiap orangnya karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, kondisi medis juga penyakit yang diderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *