Bagaimana Cara Memberikan Pertolongan Pertama Saat Terkena Diare?

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Bapak Ibu, perhatikan dengan baik dan benar bahwasannya Anda jangan pernah sepelekan penyakit diare lho. Mengapa demikian? Karena  jika penyakit diare yang satu ini tidak segera ditangani dengan pertolongan pertama yang tepat dan benar, maka bisa dipastikan jika penyakit diare yang Anda derita bisa menyebabkan kematian.

Pastinya Anda semua tidak ingin kematian meregut nyawa Anda bukan, hanya karena Anda sedang mengalami sakit diare tersebut?

Bagaimana Cara Memberikan Pertolongan Pertama Saat Terkena Diare

Perlu Anda ketahui, bahwasannya penyakit diare yang seringkali disepelehkan atau pun dianggap remeh oleh banyak orang ini ternyata bisa membuat tubuh kita mengalami dehidrasi yang cukup terbilang berat, bahkan sakit perut yang parah lho.

Namun, Anda jangan khawatir akan hal tersebut, sebab kematian yang diakibatkan karena diare tidak akan pernah terjadi jika Anda tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama yang tepat ketika terkena diare, seperti yang akan kami lansir berikut ini tentang pengobatan diare pada anak secara alami.

Cara tepat berikan pertolongan pertama saat terkena diare

Silakan Anda penuhi kebutuhan cairan tubuh

Bagi orang dewasa, dapat memenuhi cairan di tubuhnya dengan minuman seperti teh hangat yang dicampur madu, jus buah, soda, sports drink, dan juga kaldu jernih. Tetapi bagi Anda yang sedang menderita diare agar menghindari susu, minuman yang mengandung susu, jus apel, alkohol, dan juga kafein.

Dan bukan hanya itu saja, dalam kurun waktu sekitar 3 hingga 5 hari setelah Anda sembuh dari penyakit diare ini, pastikan Anda mengkonsumsi lebih banyak lagi cairan dari cairan yang telah Anda keluarkan dari tubuh pada saat terkena diare.

Buatlah oralit

Dalam pemberian oralit ini ternyata juga bisa membantu dalam meredakan penyakit diare yang Anda derita, Anda dapat melarutkan satu sachet oralit kedalam 200 mill air hangat. Namun, perlu Anda ingat bahwasannya cairan yang satu ini hanya dapat dipergunakan selama 24 jam saja, apabila sudah lebih dari 24 jam, maka Anda harus membuat cairan oralit yang baru lagi.

Selain hal tersebut, Anda juga dapat membuat cairan oralit sendiri lho, caranya adalah dengan melarutkan 200 mill air hangat, yang dicampurkan dengan satu sendok makan gula dan juga seperempat sendok makan garam.

Untuk dehidrasi yang ringan, Anda dapat minum oralit sebanyak 50 mill per 1 kg berat badan Anda. sementara itu untuk dehidrasi sedang, silakan berikan oralit sebanyak 100 mill per 1 kg berat badan Anda.

Istirahat yang cukup

Pada saat Anda terkena penyakit diare, maka hindarilah beberapa kegiatan-kegiatan yang berat. Istirahatlah total di rumah serta hentikan dahulu kesibukkan Anda selama beberapa saat sampai sembuh.

Konsumsilah makan makanan yang tepat

Silakan Anda berikan makan makanan yang mudah dicerna seperti halnya buah pisang untuk anak-anak atau pun bayi. Sementara untuk orang dewasa, bisa mengkonsumsi makan makanan yang rendah serat dan juga semisolid supaya bisa segera menyembuhkan penyakit diare yang dideritanya. Satu hal yang terpenting di sini adalah dengan menghindari makan makanan yang pedas, berminyak, dan juga berlemak.

Saatnya untuk menghubungi dokter

Anda wajib segera menghubungi dokter, apabila Anda sudah mengalami hal-hal berikut ini. pertamanya, pada saat sudah mengalami dehidrasi lebih parah. Kedua, pada saat sudah muntah berulang kali atau pun sakit perut yang tidak kunjung sembuh. Ketiga, apabila sudah ada darah dalam feses atau feses yang berwarna hitam. Keempat, apabila sudah mengalami demam. Kelima, apabila penyakit diare yang dialami oleh anak tidak berkurang setelah 24 jam, atau pun pada saat diare yang dialami orang dewasa tidak kunjung sembuh setelah 2 hingga 3 hari.

Dengan memiliki pengetahuan umum seputar memberikan pertolongan yang tepat dan benar pada saat diare sangat penting sekali, supaya kondisi diare yang diderita tidak semakin parah, atau malah bisa berakibat fatal.

Demikian tadi beberapa cara untuk memberikan pertolongan pertama saat terkena diare yang dapat kami rangkumkan untuk Anda semuanya, semoga bisa menginspirasi dan bisa memberi banyak manfaat bagi Anda semuanya.

Save

Save

Save

Leave a Reply