Penyebab Mudahnya Terserang Penyakit Liver

1 min read

Penyebab Mudahnya Terserang Penyakit Liver – Kalian tahu penyakit Liver? Kali ini Digital Sehat akan membahas mengenai penyakit liver, penyakit liver ialah istilah yang digunakan ketika hati mengalami gangguan sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Liver atau hati merupakan organ terbesar kedua dalam tubuh manusia dengan ukuran perkiraan sebesar bola rukby dan memilii dua lobuss kanan dan kiri, liver terlet di perut kanan atas tepatnya di bawah tulang rusuk.

Penyebab Mudahnya Terserang Penyakit Liver

Hati merupakan organ yang dapat melakukaan regeeneerasi dengaa cepat untuk mengganti sel sel yang rusak, namun jika sel sel yang rusak sangat banyak maka kerja hati dapat terganggu dan biasanyaa terjadi pada penurunan fungsi hati, nah apa saja penyebabnya? Berikut adalah beberapa penyebab kalian bisa terserang penyakit liver.

  • Mengkonsumsi alkohol

Jika kalian termasuk salah satu orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya mulai dihentikan karena hal ini bisa menyebabkan kalian terkena penyakit liver, kenapa? karena sel sel yang terdapat pada hati akan mati, alkohol menjadi salah satu penyebab penyakit liver karena bersifat toksik yang menyerang sel-sel hati sehingga hati tidak mampu untuk menyaring racun lain yang masuk kedalam tubuh, jadi kalian perlu menjauhi konsumsi alkohol, ya!.

  • Obesitas

Berikutnya adalah obesitas yaitu kelebihan berat badan yang dapat menjadi pemicu penyakit liver, hal ini dikarenakan karena penumpukan lemak yang berlebih dalam hati dapat memperlambat kinerja hati itu sendiri, hal ini juga sering disebut dengan non alcoholic fatty liver disease atau perlemakan hati karena kandungan lemak yang tinggi pada tubuh.

  • Genetika

Penyebab terkena penyakit liver berikutnya adalah karena keturunan dari salah satu ataupun kedua orang tua, biasanya kondisi ini terjadi karena adanya gen ataupun zat yang berlebih yang menumpuk pada hati, penyebab penyakit liver yang diakibatkan oleh genetik ialah :

  1. Timbunan zat besi secara berlebih
  2. Hiperoksaluria dan oxalosis yang berlebih, hal ini disebabkan seringnya mengkonsumsi makanan yang kaya akan oksalat seperti teh, kopi instan, softdrink, coklat.
  3. Penyakit wilson, penyakit ini juga merupakan penyakit keturunan langka yang diakibatkan adanya timbunan tembaga dalaam jumlah banyak di hati serta organ lain

Nah, itu adalah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan sakit liver yang akan menyerang diri Anda, kenali gejalanya dan segera berobat ke dokter yang terdekat agar Anda bisa mencegah terjadinya liver lebih meluas.

Tentunya penyakit ini merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika diabaikan, tentunya kalian bisa mencegahnya dan segera mengecek ke dokter bila terjadi beberapa sebab yang sering kalian lakukan diatas, namun kalian juga bisa mengurangi bahkan berhenti dari beberapa sebab diatas agar penyakit liver tidak berkembang dan bahkan terhindar dari penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *