Atasi Demam Pada Anak di Musim Hujan Dengan Tips Jitu Ini

Bunda, perlu Anda ketahui bahwasannya pada saat musim hujan tiba seperti yang terjadi sekarang ini, kesehatan anak atau buah hati Anda harus dipantau lebih ketat lagi lho. Mengapa demikian? Sebab, akan ada banyak sekali virus dan juga bakteri yang sering menyerang di musim penghujan ini.

Penyakit yang sering terjadi pada musim hujan

Suatu penyakit yang sudah menjadi langganan di musim penghujan seperti halnya penyakit pilek, batuk dan juga flu. Ya, memang hal tersebut sangat benar sekali, dan tak jarang penyakit demam ringan hingga dengan penyakit demam berbahaya pun juga bisa menyerang Anda dan juga keluarga. Pastinya yang demikian ini menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan bukan?

Apalagi di usia anak-anak merupakan usia yang cukup rentan sekali terhadap segala macam penyakit, salah satunya adalah penyakit yang sering terjadi pada musim hujan yaitu penyakit demam ini. Tak jarang para orangtua mengalami kekhawatiran ketika buah hatinya demam tinggi di musim penghujan.

Nah, pada saat anak Anda mengalami demam tinggi, kami menyarankan kepada Anda untuk bisa melakukan beberapa hal berikut ini.
Tips jitu atasi demam pada anak di musim hujan
Silakan Anda cari tahu terlebih dahulu suhu anak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika anak Anda mengalami demam tinggi adalah dengan mencari tahu suhu buah hati Anda dengan tenang, menggunakan termometer. Silakan Anda pastikan mengambil suhu dengan benar di tempat yang benar juga ya, bund! Salah satu tempat yang paling bagus untuk mengetahui suhu tubuh anak Anda adalah di mulut, ketiak, serta lipatan siku tangan.

Nah, pada saat Anda telah mengetahui suhunya, maka Anda pun bisa memutuskan pertolongan pertama pada anak Anda.

Segera kompres dahi anak

Buah sebagian orangtua, mengompres adalah salah satu hal yang dianggap sepele. Tetapi, Anda jangan pernah salah lho, bahwa mengompres dahi buah hati yang sedang demam tinggi adalah salah satu pertolongan pertama yang wajib dilakukan, untuk dapat menurunkan suhu demam anak Anda. Pakailah air dingin untuk mengompres anak Anda ya!
Pastikan bahwa anak minum cukup

Sakit demam pada tubuh buah hati Anda ternyata juga bisa berpengaruh pada cairan yang ada dalam diri anak itu sendiri, untuk itulah Anda selaku orangtuanya agar mengusahakan supaya anak bersedia minum yang cukup di saat dirinya demam.

Alasannya karena, dengan minum air yang cukup, maka sirkulasi cairan yang ada di dalam tubuhnya serta bakteri yang menjadi penyebab panas bisa ikut terbuang bersama dengan keringat atau pun urin.

Segera panggil dokter anak

Pada saat anak Anda mengalami panas yang cukup tinggi dalam kurun waktu sudah lebih dari 24 jam, maka jangan pernah ragu untuk memanggil dokter anak. Dokter anak ini nantinya bisa memeriksa anak serta memberikan resep untuknya.

Pakaian

Ketika buah hati atau anak Anda sedang demam, maka pastikan ia memakai pakaian yang hangat di musim penghujan, apalagi ketika ia sedang tidak enak badan. Hawa dingin yang dikarenakan oleh musim penghujan atau pun pendingin ruangan, bisa saja menjadi salah satu pemicu kekebalan tubuh anak berkurang, sehingga ia pun mengalami demam.

Perhatikan kebersihan makanan dan tubuh anak

Kebersihan makanan dan juga tubuh ini sangat diperlukan sekali untuk selalu dijaga dengan benar di musim penghujan. Pada saat anak sakit demam, pastikan Anda sudah memberikan makanan yang bernutrisi dan pastinya juga bersih.

Walaupun dalam keadaan demam, anak juga harus dijaga kebersihan tubuhnya. Tidak harus manding untuk bisa menjaga kebersihannya, cukup dengan mengelap tubuhnya dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat, itu pun sudah cukup untuk membersihkan badannya.

Pada saat musim penghujan, kesehatan anak memang harus dipantau ketat oleh orangtuanya, ada banyak virus dan juga bakteri yang bisa saja menyerang di musim hujan ini. Penyakit yang sering terjadi pada musim penghujan yang sudah jadi langganan di musim penghujan adalah flu, batuk, dan pilek. Dan tak jarang demam pun juga bisa menyerang Anda dan keluarga.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda tentang tips jitu atasi demam pada anak di musim hujan, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi para orangtua semuanya, agar lebih menjaga kesehatan anaknya, khususnya dikala musim penghujan tiba.

Leave a Comment