Menu Buka Puasa yang Sehat Tanpa Mahal

2 min read

menu buka puasa yang sehat

Menu Buka Puasa yang Sehat Tanpa Mahal

Bismillah…

Anda sedang mencari-cari referensi tentang menu buka puasa yang sehat dengan pengeluaran yang tidak terlalu besar? Sebaiknya jangan kesana-kemari lagi, hehe.. karena dalam artikel ini akan dipaparkan tentang rekomendasi menu yang dicari tersebut, yaitu yang sehat, yang pas dijadikan sebagai menu berbuka puasa, dan yang terpenting harganya terjangkau dan tidak terlalu mahal.

 

Fenomena Menjelang Buka Puasa

Di Indonesia, hadir sebuah fenomena luar biasa yang hanya terjadi menjelang buka puasa. Yaitu menjamurnya pada tukang jualan makanan dan minuman di pinggir-pinggir jalan warga. Mereka menjajakan aneka menu untuk berbuka puasa, mulai dari gorengan, kue-kue, minuman segar, minuman hangat, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Antusias para penjual tersebut disambut hangat oleh masyarakat yang menyengaja untuk keluar rumah, berjalan-jalan dan mencari menu yang tepat untuk berbuka puasa menurut keinginan mereka. Namun, apakah makanan dan minuman yang dipilih tersebut baik dan sehat untuk dikonsumsi? Ternyata kebanyakan adalah makanan dan minuman yang tidak sehat jika dijadikan menu buka puasa! Sebab ada banyak kandungan minyak, penyedap rasa yang berlebihan, zat pewarna, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itulah, fenomena ini penting untuk disampaikan terlebih dahulu, sebelum kita menginjak kepada pembahasan utama, yakni tentang menu buka puasa yang sehat tanpa mahal. Agar saran yang akan disampaikan kemudian bisa lebih diterima.

 

Menu Buka Puasa yang Sehat

Sebenarnya, ada beberapa kaidah penting yang menjadi landasan suatu menu itu dikatakan baik dan sehat untuk dimakan ketika berbuka puasa, yakni :

 

#1 : Mulailah dengan yang manis

Hal ini sangat dianjurkan karena makanan dan minuman manis mengandung glukosa yang dapat menjadi sumber energi setelah seharian tidak mendapatkannya. Ketika tubuh mendapatkan energi tersebut, maka akan didapat tenaga dan kekuatan untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti shalat maghrib berjamaah, mengkonsumsi makanan berat, shalat Isya berjamaah, tarawih dan lain sebagainya.

 

#2 : Pilih makanan manis dari jenis buah-buahan

Diantara sekian banyak jenis makanan dan minuman manis, buah-buahan yang mengandung serat tinggi adalah yang paling baik untuk dipilih, seperti kurma, pisang, alpukat, dan lain sebagainya/

 

#3 : Konsumsi langsung atau olah secara sehat

Walaupun yang dipilih adalah buah yang menyehatkan, namun jika diolah dengan cara yang tidak, tetap hasilnya menjadi menu makanan yang tidak sehat.

Untuk kurma, maka yang dianjurkan adalah mengkonsumsi secara langsung tanpa pengolahan apapun. Dan jika ingin mengamalkan sunnah, makanlah kurma dalam jumlah yang ganjil seperti 3 atau 5 butir.

Untuk buah-buahan lainnya, bisa diolah dengan dijadikan jus tanpa tambahan es dan pemanis buatan. Semua itu akan menjaga nutrisi dan kandungan dalam buah bisa masuk dan diserap oleh tubuh secara maksimal

 

#4 : Makan berat setelah Shalat Maghrib atau Isya

Kebanyakan diantara kita ada yang saat adzan Maghrib berbuka dengan langsung mengkonsumsi makanan berat. Hal ini tidak sehat bagi kinerja lambung, karena organ pencernaan yang sekian jam beristirahat, tiba-tiba diporsir untuk mencerna makanan berat yang masuk saat berbuka.

Oleh karena itu, menu makanan berat untuk berbuka puasa sebaiknya dikonsumsi setelah menunaikan shalat Maghrib atau Shalat Tawarih. Insya Allah cara ini akan lebih sehat.

 

Menu Buka Puasa Tanpa Mahal

Sekarang tiba pada bahasan terakhir, yaitu menu terbaik untuk berbuka puasa yang sehat dan tanpa mahal! Maka saran yang bisa diberikan adalah :

  1. Minum air putih atau teh manis hangat ketika adzan berkumandang (jangan lupa baca do’a berbuka) 🙂
  2. Konsumsi 3 atau 5 butir kurma secara tenang dan perlahan,
  3. Shalat Maghrib berjamaah
  4. Makan camilan buah-buahan atau jenis camilan sehat lainnya,
  5. Shalat Isya dan Tarawih berjamaah,
  6. Makanan berat dengan menu 4 sehat 5 sempurna (berikut rekomendasi menunya)

***

Demikianlah informasi singkat yang bisa dibagikan terkait menu buka puasa yang sehat tanpa mahal. Semoga bisa menjadi rujukan dalam memilih menu buka puasa terbaik dan menyehatkan.

Sampai jumpa…

5 Khasiat Makan Sayur Rebung Untuk Kesehatan

5 Khasiat Makan Sayur Rebung Untuk Kesehatan – Rebung adalah tunas bambu muda yang muncul dari dalam tanah dan berasal dari akar bambu dimana dalam masyarakat...
Digital Sehat
16 sec read

4 Khasiat Menakjubkan Makan Sayur Kol Untuk Kesehatan

4 Khasiat Menakjubkan Makan Sayur Kol Untuk Kesehatan – Sayur kol menjadi sayur yang viral karena sebuah lagu yang ada di media sosial, tapi dibalik viralnya sayur tersebut terdapat...
Digital Sehat
30 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *