Masalah Kesehatan di Indonesia dan Solusinya

2 min read

Masalah Kesehatan di Indonesia dan Solusinya

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak dan terdiri dari suku yang majemuk dengan latar belakangnya masing-masing. Dengan jumlah penduduk yang demikian, tentu banyak problema yang muncul di dalam kehidupan, termasuk salah satunya adalah masalah dalam bidang kesehatan yang hingga saat ini tidak pernah sepi dari pembicaraan.

 

Antisipasi Pemerintah dalam Masalah Kesehatan

Untuk mengantisipasi masalah kesehatan di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar masyarakat Indonesia bisa memiliki persentase masalah kesehatan yang kecil. Berbagai upaya yang dijalankan antara lain :

  • Penyuluhan dan pemberian informasi tentang pola hidup sehat,

  • Pemberian informasi tentang cara mengatur menu makanan yang bergizi dan bernutrisi,

  • Beragam program pengobatan untuk seluruh kalangan masyarakat,

  • Pembenahan sistem pelayanan kesehatan di puskesmas, klinik, rumah sakit, dan lain sebagainya,

  • Serta segala macam acara yang mengajak masyarakat untuk aktif bergerak dan berolahraga.

 

Penyebab Munculnya Beragam Masalah Kesehatan di Indonesia

Jika kita menyelidiki tentang sumber munculnya berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh masyarakat Indonesia, maka akan sangat banyak sekali daftar yang harus dituliskan dalam pembahasan ini. Namun untuk mempersingkat, berikut adalah beberapa penyebab yang paling krusial dan sangat berperan dalam mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat Indonesia.

Penyebab tersebut antara lain :

 

Pola hidup yang tidak sehat

Merokok, polusi udara, menghirup asap rokok dari perokok aktif, minuman beralkohol, banyak begadang, adalah berbagai hal yang sudah tidak asing dalam kehidupan di Indonesia. Padahal semua itu merupakan hal yang termasuk pada pola hidup yang tidak sehat.

Terlalu banyak merokok bisa menyebabkan gangguan kehamilan, sakit jantung, impotensi, kanker tenggorokan, dan lain sebagainya. Namun masyarakat tetap saja bisa mendapatkan produk rokok dengan mudah mulai dari warung samping rumah. Selain membahayakan orang yang merokok, akibat yang ditimbulkan ini pun bisa menyerang mereka yang berada di sekitar perokok aktif tersebut.

Minuman beralkohol pun banyak menjadi perusak kesehatan masyarakat Indonesia. Banyaknya tempat yang menyediakan minuman ini menjadi salah satu sebab banyak orang yang memiliki kesempatan untuk mengkonsumsinya dan terus ketergantungan terhadapnya.

Begadang pun menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan di Indonesia, karena mereka asyik dengan kegiatannya seperti nongkrong, hang out dan lain-lain.

 

Kurang aktivitas fisik

Gaya hidup yang semakin praktis membuat manusia sangat kurang dalam menjalankan aktivitas fisik. Pada akhirnya, fisik yang kurang bergerak berpotensi lebih tinggi terserang berbagai penyakit.

 

Menu makanan yang tidak sehat

Junk food, fast food, makanan dan minuman kemasan yang tersedia saat ini menjadi menu makanan sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia. Mereka sudah lebih memperhatikan citarasa dan kenikmatan ketika menyantap sesuatu, tanpa memperdulikan zat dan bahan baku yang digunakan untuk membuatnya. Dan tak sedikit diantara makanan saat ini yang lebih banyak mengandung pemanis buatan, bahan pengawet, perisa makanan, dan zat lain yang tidak baik apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan rutin.

 

Solusi Terbaik untuk Semua Masalah Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai penyebab yang dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan tentang beberapa tips yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di Indonesia, yakni :

  1. Sadarkan masyarakat tentang manfaat dan pentingnya menjalankan pola hidup sehat setiap hari,

  2. Rutin melakukan olahraga ringan setiap hari agar tubuh lebih aktif bergerak,

  3. Beralih untuk mengolah makanan sendiri dengan pilihan menu yang bernutrisi dan bergizi, yang terbuat dari bahan alami tanpa kandungan pengawet, pemanis buatan, serta pewarna buatan,

  4. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan, agar kita bisa membatasi diri pada hal-hal yang diperintahkan dan menjadi rambu-rambu agar tidak terjerumus pada perbuatan yang merugikan kesehatan, seperti konsumsi minuman beralkohol dan merokok.

  5. Banyak bergaul dengan orang-orang yang menjalankan pola hidup sehat.

 

***

Demikianlah informasi singkat tentang masalah kesehatan di Indonesia, mulai dari penyebabnya serta beberapa solusi yang bisa dijalankan.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *