Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

1 min read

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bismillah…

Dalam syari’at Islam terdapat perintah berwudhu! Dia adalah salah satu tata cara untuk bersuci dari hadats kecil. Selain diperintahkan, ada juga berbagai keterangan dari hadits yang menjelaskan tentang syarat wudhu, rukun wudhu, tata cara wudhu, hal-hal yang membatalkan wudhu, dan lain sebagainya. Namun, dalam kesempatan ini kita tidak akan membahas semua itu, sebab pasti perlu penjelasan yang panjang tentangnya.

Yang akan dibahas kali ini adalah dari sisi lain yang terdapat dalam aktivitas berwudhu, yakni tentang manfaat wudhu bagi kesehatan, yang sebagian besar orang belum mengetahuinya. Padahal kalau diketahui, maka akan banyak umat Islam yang mulai menyempurnakan wudhunya sehingga tata caranya bisa sesuai dengan yang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ajarkan.

 

Tentang Tata Cara Wudhu

Dalam wudhu ada yang disebut dengan Rukun Wudhu, yang terdiri dari 4 hal, yaitu :

  • Niat,
  • Mengucapkan Bismillah,
  • Mencuci kedua pergelangan tanga,
  • Berkumur-kumur dan ber-istinsyaq (memasukkan air ke dalam rongga hidung dan mengeluarkannya),
  • Membasuh muka hingga batasannya,
  • Mencuci tangan hingga sikut,
  • Mengusap kepala dari depan hingga ke belakang, yang diikuti dengan mengusap kedua telinga,
  • Mencuci kedua kaki beserta mata kaki,
  • Berdo’a setelah wudhu.

 

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Penjelasan lebih lanjut tentang manfaat wudhu bagi kesehatan ini diambil dari rujukan medis dan beberapa penelitian yang dilakukan oleh salah satu Dosen Kesehatan bernama Endah Prayekti.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang akan didapat dengan merutinkan berwudhu dengan benar sesuai tata cara yang dijelaskan pada sub judul sebelumnya :

 

#1 : Mampu Mengatasi Gejala Astenotopia

Gejala ini datang ketika seseorang terlalu lama melihat objek dalam jarak yang terlalu dekat. Sebagai seorang pekerja kantoran yang kesehariannya berada di depan layar komputer misalnya, kemungkinan besar akan membuatnya mengalami gejala ini.

Salah satu pertanda yang ditimbulkan adalah sakit mata, mata lelah, pusing, mata perih, dan perubahan kesan warna pada penglihatan.

Beberapa pekerja kantoran di Makassar yang memiliki rutinitas ini diminta untuk berwudhu setiap jangka waktu tertentu. Dan hasilnya, terjadi penurunan keluhan dari orang-orang yang sebelumnya mengalami gejala astenotopia.

Secara logis saja kita bisa mengetahui bahwa tentu saja wudhu bisa membuahkan hasil tersebut, sebab ketika berwudhu orang dituntut untuk menjauh dulu dari layar komputer, melihat pemandangan lainnya, terbasuh dan tercucinya mata oleh air yang menjadikannya lebih segar, dan persepsi warna pun di kembalikan kepada netral layaknya fitur white balance pada lensa kamera ketika melihat kejernihan air yang digunakan untuk berwudhu.

 

#2 : Menghilangkan Potensi Infeksi pada Kulit

Di dunia ini terdapat banyak sekali mikro-organisme yang berada di sekitar kita, termasuk di lapisan kulit terluar kita. Bakteri ini bisa menimbulkan infeksi apabila terdapat bagian tubuh yang terluka atau ada pori-pori yang terlalu terbuka yang memudahkannya masuk dengan leluasa.

Dan bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, muka, telinga, kaki, adalah yang paling banyak dihinggapi oleh bakteri. Dan ajaibnya, dalam tata cara wudhu yang disyariatkan, justru semua bagian tubuh itulah yang diperintahkan untuk diusap, dibasuh, bahkan dicuci. Semua itu tentu akan menjadi sebab hilangnya bakteri yang menempel di kulit, sehingga bisa menghilangkan potensi infeksi pada kulit.

 

***

Untuk kesempatan kali ini, mungkin hanya 2 manfaat wudhu bagi kesehatan itu saja yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang singkat ini bermanfaat dan memberikan pemahaman lebih baik kepada kita semua, bahwasanya di dalam semua syariat Allah yang diperintahkan kepada umat Islam, terkandung banyak hikmah yang baik bagi siapapun yang mengamalkannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *