Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Badan

1 min read

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Badan

Bismillah…

Dalam agama Islam, kita disyariatkan untuk mengamalkan ibadah puasa, terkhusus puasa wajib selama 1 bulan di tiap Ramadhan, serta puasa-puasa sunnah lainnya seperti puasa Senin Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Asy-Syura dan lain sebagainya.

Dalam kaidah fiqih Islam disebutkan, bahwa syari’at yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki tujuan yang penting, yaitu untuk agar orang yang menjalankan syari’atnya bisa mendapatkan manfaat dan terhindar dari madharat (keburukan). Dan hal tersebut memang benar adanya dan harus diyakini!

Termasuk perintah puasa, yaitu menahan lapar dan haus serta hal-hal yang membatalkannya, dari mulai terbif fajar hingga terbenam matahari. Ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dan kesimpulan tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh ini baru diketahui setelah dilakukan berbagai penelitian akhir-akhir ini, sementara perintah puasa sudah Allah Ta’ala turunkan 14 abad silam. Inilah bukti tentang kebenaran syari’at Islam yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Kali ini akan dijelaskan tentang beberapa manfaat kesehatan yang akan dirasakan oleh tubuh dengan berpuasa. Semoga apa yang disampaikan ini bisa memberikan wawasan baru tentang hal tersebut.

 

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Secara Umum

Bagi kesehatan secara umum, puasa memiliki manfaat yang cukup banyak dan tidak akan bisa disampaikan seluruhnya disini. Diantara manfaat tersebut adalah :

 

#1 : Memberikan waktu bagi sistem pencernaan untuk beristirahat

Ketika tidak puasa, kita tentu tidak bisa menahan diri saat melihat makanan. Ketemu minuman segar, langsung seruput; ketemu camilan, langsung santap; ketemu ramen, langsung sikat; ketemu buah-buahan, langsung kupas dan makan. Semua makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh memaksa sistem pencernaan terus bekerja keras sehingga tidak ada waktu untuk istirahat dan mengembalikan performanya agar tetap prima.

Jika hal ini terjadi terus menerus, maka bisa terjadi gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, diare, sembelit, ambeien dan lain sebagainya.

Namun ketika puasa, kita dituntut untuk menahan diri dari mengkonsumsi makanan seenaknya, dan hanya bisa melakukannya di waktu-waktu tertentu. Ketika waktu puasa itulah, akhirnya sistem pencernaan kita bisa beristirahat dengan cukup, sehingga pada waktunya ada makanan masuk, dia bisa mencerna dengan lebih optimal, insya Allah.

#2 : Membantu membuang racun dalam tubuh

Kandungan makanan dan minuman jaman now, ternyata tidak bisa lepas dari zat dan unsur racun yang membahayakan. Tubuh manusia sekarang melakukan upaya detoks (membuang racun tubuh) dengan sangat ekstra, terlebih ketika ada asupan makanan tersebut secara terus menerus.

Fungsi ginjal dan hati sebagai organ yang berperan dalam proses detoksifikasi ini akan lebih ringan kerjanya ketika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan secara terus menerus. Saat puasa dari semenjak fajar sampai maghrib, tidak ada asupan makanan selama itu, hal ini membuat organ yang mendetoks racun bisa lebih berfungsi optimal, sehingga racun yang terbuang lebih maksimal dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

 

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Badan

Khusus untuk manfaat puasa bagi kesehatan badan, puasa bisa menjaga postur tubuh agar sehat dan ideal, tidak terlalu gemuk karena berat badan yang terlalu berlebihan.

Penjelasan logisnya adalah, dalam mendapatkan suplai energi, tubuh akan memecah glukosa yang terdapat dalam tubuh untuk dijadikan energi. Setelah glukosa habis karena tidak ada asupan makanan dan minuman saat puasa, maka yang dipecah kemudian adalah lemak untuk dijadikan cadangan sumber energi alternatif.

Saat lemak terpecah dan menjadi sumber energi inilah yang membuat berat badan kita menjadi lebih ideal tanpa tanpa tumpukan lemak.

***

Demikianlah informasi singkat tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, baik secara umum maupun khusus untuk badan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *