Manfaat Madu untuk Kesehatan

1 min read

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Bismillah…

Berbicara tentang madu, siapa sih yang masih meragukan khasiat dan manfaatnya. Belum lagi rasanya yang sweet banget gimana gitu, menjadikan bahan makanan yang dihasilkan secara alami oleh lebah ini menjadi sesuatu yang diminati oleh setiap orang, baik pria maupun wanita, dari bayi hingga orang tua, serta mereka yang tinggal di kota maupun di desa. 🙂

Kita pun wajib meyakini tentang manfaat madu untuk kesehatan, karena madu secara khusus disebutkan di dalam Al-Qur’an, yakni Surat An-Nahl ayat 68 & 69.

Sedikit memberikan penjelasan tentang Al-Qur’an, bahwa semua yang disebutkan di dalamnya, tentu ada hikmah dan penjelasan yang penting yang perlu diyakini kebenarannya, karena hal tersebut tersebut diwahyukan langsung oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Termasuk madu ini, Allah sengaja mengkaruniakannya di dunia agar bisa dimanfaatkan oleh setiap makhluknya, terkhusus manusia.

Kali ini akan kita bahas lebih lanjut tentang hal luar biasa dari madu, apa saja manfaat madu untuk kesehatan, dan bagaimana teknik pengobatan penyakit dengan memanfaatkan madu ini.

 

Aneka Manfaat Madu bagi Kesehatan

Manfaat #1 : Anti Diabetes

Banyak orang yang menderita penyakit diabetes diakibatkan oleh terlalu banyaknya konsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung kadar gula tinggi. Dan sebagai manusia yang peka terhadap citarasa sebuah makanan atau minuman, maka apabila tidak mengkonsumsi makanan yang manis rasanya terkesan ada sesuatu yang kurang. Itulah sebabnya walaupun banyak orang yang sudah tahu bahaya diabetes, mereka tetap tidak bisa lepas dari gula 🙂

Oleh karena itu, jika Anda ingin tetap mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, maka ganti gula pasir atau pemanis lain yang biasa digunakan dengan madu. Penggunaan madu ini akan tetap memberikan citarasa manis namun tidak berpotensi meningkatkan kadar gula darah, karena madu merupakan pemanis alami berkhasiat.

 

Manfaat #2 : Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ paling vital dalam tubuh kita. Jika fungsi jantung terganggu, maka akibatnya bisa menyebabkan kematian. Sudah banyak sekali contoh kasus kematian akibat serangan jantung ini, mulai dari atlit, tokoh nasional, hingga kabar tentang seorang artis yang pada tanggal 5 Januari kemarin meninggal dunia akibat hal tersebut.

Agar bisa memiliki jantung yang sehat, maka mengkonsumsi madu secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavanoid dan anti oksidan dalam madu bisa membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penggumpalan darah, sehingga potensi serangan jantung dan stroke insya Allah bisa dihindari.

 

Manfaat #3 : Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh yang memiliki sistem kekebalan yang maksimal, tidak akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diantara upaya yang bisa dilakukan, adalah dengan memanfaatkan madu dan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Hal yang mendasari fungsi madu terhadap hal tersebut adalah peran unsur yang terkandung dalam madu untuk mendetoks (membuang racun-racun dalam tubuh), serta meningkatkan produksi sel imunitas tubuh. Kedua hal inilah yang akhirnya menjadikan kekebalan tubuh kita meningkat dan tidak mudah sakit.

 

Manfaat #4 : Membantu Penyembuhan Luka Luar

Manfaat madu untuk kesehatan pun bisa diaplikasikan di luar tubuh, salah satu tujuannya adalah untuk membantu penyembuhan luka luar. Cara memanfaatkannya pun mudah saja, yaitu cukup dengan mengoleskan madu ke area luka secara rutin dan teratur. Insya Allah dengan begitu, penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat dari biasanya.

***

Demikianlah informasi singkat tentang manfaat madu untuk kesehatan yang bisa kami bagikan. Oh iya, madu yang khasiatnya luar biasa ini bisa didapatkan dengan mudah sekali, bahkan di warung atau supermarket terdekat. Namun pastikan untuk membeli madu yang terjamin kualitas dan keasliannya.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

4 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Panah

4 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Panah – Memanah? Tentu kalian pernah dengar ataupun pernah liat olahraga memanah bukan? Olah raga ini menggunakan sebuah busur...
cintanyadoi
1 min read

5 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Skipping

5 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Skipping – Bagi kalian yang gemar olahraga pasti tidak asing dengan olahraga lompat tali atau yang bernama skipping, tentunya...
cintanyadoi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *