Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2 min read

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ternyata banyak orang yang belum tahu, bahwa salah satu bumbu dapur bernama kunyit ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan! Jadi, walaupun kata “kunyit” sudah tidak asing di telinga para ibu rumah tangga yang biasa berjibaku di dapur, ternyata sebagian besar dari mereka belum tahu tentang manfaat kunyit untuk kesehatan.

Nah, agar kita mendapatkan wawasan baru tentang hal tersebut, maka artikel kali ini khusus dibuat untuk menguraikan hal tersebut, agar kunyit yang tersedia di rumah selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, bisa juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, insya Allah.

 

manfaat kunyit bagi kesehatan

 

Penasaran khan tentang apa sajakah manfaat dan khasiat kunyit bagi kesehatan? Yuk simak penjelasannya dalam artikel ini hingga selesai!

 

Manfaat Kunyit Secara Umum

Sejak zaman orang tua kita dahulu, mereka sudah terbiasa memanfaatkan kunyit dalam urusan kesehatan. Hal ini dilakukan bukan berdasarkan penelitian ilmiah secara medis, namun hanya karena pengalaman dan bukti empiris yang didapatkan dari para pendahulunya, yang kemudian diwariskan secara turun temurun. Manfaat kunyit secara umum inilah yang sudah tersebar di masyarakat.

Manfaat kunyit yang dimaksud adalah untuk :

  1. Meringankan gejala sakit perut yang timbul ketika menstruasi, dan
  2. Membantu mengurangi gejala sakit maag.

Mereka memanfaatkan kunyit dalam rangka mengatasi masalah-masalah kesehatan tersebut dengan cara menumbuknya hingga lembut, menambahkan air dan mencampurkannya, menyaringnya, kemudian meminumnya secara rutin hingga gejala sakit berkurang dan hilang secara alami.

Hal inilah yang diturunkan secara turun temurun, tanpa mengetahui tentang hasil penelitian di bidang medis atas reaksi dan efek yang ditimbulkan. Hanya saja, karena banyak orang yang terbantu dengan mengupayakan hal ini, menjadikan cara ini dianggap jitu hingga meyakini bahwa kunyit menjadi sarana efektif dan efisien yang bisa diupayakan untuk mengatasi kedua masalah di atas.

 

Manfaat Kunyit yang Jarang Diketahui

Oke, sekarang kita langsung bahas tentang manfaat kunyit untuk kesehatan yang masih belum banyak orang mengetahuinya. Padahal jika kita mau menelaah secara mendalam, baik melalui literatur yang ada, atau membaca informasi yang tersebar di internet, maka banyak sekali informasi yang bisa didapatkan tentang hal ini. Hanya saja, kita perlu lebih selektif dalam mengambil referensi yang bisa dipertanggungjawabkan, agar apa yang didapat memang benar dan sesuai dengan fakta ilmiah.

Diantara manfaat kunyit tersebut adalah :

Manfaat #1 : Bahan alami untuk pengobatan kanker

Dari beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan, membuahkan hasil bahwa kunyit ternyata mengandung zat yang bernama “kurkumin“. Zat alami ini diklaim bisa memberikan efek yang luar biasa untuk mengatasi penyakit kanker. Reaksi yang dilakukan oleh zat ini adalah

  • Berperan aktif dalam mematikan sel kanker,
  • Mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker ke jaringan tubuh seperti payudara, paru-paru, serta beberapa bagian pada tubuh lainnya.

 

Manfaat #2 : Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Di dalam otak, terdapat hormon yang bekerja secara alami untuk membantunya tetap berfungsi dengan baik. Hormon yang dimaksud disebut dengan BDNF atau Brain-Derived Neurotrophic Factor. Ketika hormon ini berproduksi secara normal, maka bisa mencegah timbulnya berbagai masalah pada otak, seperti kepikunan, alzheimer dan depresi.

Namun ternyata muncul banyak faktor, baik internal maupun eksternal yang menghambat proses produksi hormon ini, sehingga banyak orang yang mengalami masalah pada otak. Berbagai cara pun dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan zan kurkumin yang terdapat dalam kunyit. Dan walaupun belum ada penelitian lebih lanjut secara ilmiah tentang hal ini, namun sudah ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa zat kurkumin dalam kunyit bisa meningkatkan produksi hormon BDNF secara alami, sebagai upaya untuk menjaga fungsi otak.

***

Mungkin pada kesempatan kali ini, informasi ini saja yang bisa kami bagikan tentang manfaat kunyit untuk kesehatan. Insya Allah jika ada kesempatan lain, akan diuraikan juga tentang berbagai manfaat kunyit lainnya yang pada kenyataannya masih jarang diketahui.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *