Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Optimal

2 min read

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Optimal

Bismillah…

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang manfaat dari salah satu bumbu dapur bernama kayu manis yang biasa kita gunakan dalam kegiatan memasak di rumah, terutama saat membuat menu sayur kacang, sayur asam, dan aneka jenis masakan lainnya. Duh, kalau menyebutkan makanan, kenapa tiba-tiba jadi lapar yah? 🙂

Kita kembali ke topik deh, yakni tentang manfaat kayu manis untuk kesehatan optimal! Semoga dengan mengetahui tentang hal ini, kita bisa lebih memaksimalkan manfaat dari kayu manis, termasuk untuk menjaga kesehatan kita serta seluruh keluarga.

 

Berbagai Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan

Dalam berbagai literatur, sudah bisa kita dapatkan informasi yang menjelaskan bahwa ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapat dari kayu manis. Namun, sebelum mencoba dan mempraktekkannya, pastikan Anda tahu bahwa penggunaan kayu manis untuk pengobatan ini ternyata memiliki efek samping jika diaplikasikan dengan takaran dan teknik yang tidak tepat. (penjelasan tentang efek samping ini dibahas lebih lanjut pada sub judul selanjutnya).

Adapun manfaat kayu manis untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut :

Manfaat #1 : Menjaga kadar gula darah tetap normal

Memiliki kadar gula darah yang normal adalah harapan setiap orang! Sebab ketika kadar gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi, menyebabkan masalah kesehatan yang akan mengganggu keseharian.

Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar gula darah agar bisa tetap normal, adalah dengan memanfaatkan kayu manis, sebab di dalam kayu manis terdapat kandungan antioksidan yang secara alami bekerja dalam tubuh dalam mengontrol dan menormalkan kadar gula darah. Proses kerjanya adalah dengan membantu kinerja organ pencernaan yang bekerja setelah makan.

Dosis 1 gram kayu manis insya Allah bisa meminimalisir respon insulin bagi penderita diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan gula darah yang dimiliki oleh orang yang divonis mengidap diabetes.

 

Manfaat #2 : Mencegah Infeksi Bakteri

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa ternyata kandungan anti infeksi alami dalam kayu manis terbukti bisa membunuh bakteri H. Pylori. Bakteri ini berperan di dalam sistem pencernaan, yang jika terjadi infeksi pada lambung misalnya, maka akan menyebabkan sakit maag.

Oleh karena itu, memanfaatkan kayu manis bisa mencegah infeksi tersebut, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit maag serta penyakit lain yang diakibatkan infeksi bakteri lainnya.

 

Manfaat #3 : Melancarkan Sirkulasi Darah

Diantara hal yang bisa menghambar sirkulasi peredaran darah adalah terjadinya penggumpalan darah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa memeriksakan kesehatan secara rutin.

Khusus bagi Anda yang mendapatkan diagnosis terdapatnya penggumpalan darah, maka bisa memanfaatkan kayu manis untuk mengatasinya, sebab konsumsi kayu manis dengan teknik yang tepat akan membantu tubuh menghasilkan asam lemak arachidonic yang berperan dalam mencegah penggumpalan darah dan peradangan.

 

Efek Samping Kayu Manis yang Harus Diwaspadai

Setelah mengetahui beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan di atas, kini tiba saatnya untuk menjelaskan lebih lanjut tentang efek samping dari pemanfaatannya, sebagaimana yang disinggung di atas.

Efek samping tersebut akan terjadi apabila digunakan dalam dosis yang berlebihan dan tanpa takaran yang tepat. Lalu bagaimana sebenarnya takaran yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat kayu manis, tanpa harus dihantui dengan efek sampingnya?

Secara umum, kayu manis terbagi menjadi 2 jenis! Dan setiap jenisnya memiliki takaran maksimal yang berbeda. Jenis dan takaran yang dimaksud adalah :

  1. Kayu manis jenis Cassia, maksimal 1 sendok makan/hari,

  2. Kayu manis jenis Ceylon, maksmal 2,5 sendok makan/hari.

Jika terjadi penggunaan yang melebihi takaran maksimal, bisa menyebabkan gangguan saluran pernafasan, bereaksi terhadap penggunaan obat-obatan lainnya, serta terus menurunnya kadar gula darah yang menyebabkan mudah pusing, lelah, lemah, stress meningkat dan tidak bertenaga,

***

Demikianlah informasi tentang manfaat kayu manis untuk kesehatan serta penjelasan singkat tentang efek samping dari penggunaan yang melebihi kadar maksimal.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *