Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

2 min read

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Mungkin diantara kita ada yang ketika kecil pernah menderita bisul di kaki atau bagian tubuh lainnya, dan orang tua kita menyarankan untuk memotong 1 siung bawang putih kemudian mengoleskannya ke bagian tubuh yang terdapat bisul. Lalu kita melakukan saran tersebut, tanpa tahu apa sebenarnya maksud dari perlakuan tersebut. 🙂

Padahal penting bagi kita untuk ‘berilmu sebelum beramal’, agar apa yang dilakukan tidak asal nurut dan asal ngikut! Dan jika Anda termasuk orang yang masih penasaran dengan maksud dari saran orang tua tersebut, maka perlu membaca artikel ini, sebab akan diuraikan tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan, termasuk salah satunya untuk mengatasi bisul.

 

manfaat bawang putih untuk kesehatan

 

Kandungan Alami dalam Bawang Putih

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh USDA Nutrient Database, setidaknya ada 22 jenis unsur alami yang terkandung dalam bawang putih, diantaranya Beta-karoten, protein, magnesium, kalsium, vitamin C, karbohidrat dan lain sebagainya. Untuk mengetahui kandungan tersebut beserta kadarnya, bisa dibaca dalam artikel ini.

Jika kandungan tersebut dimasukkan ke dalam tubuh dengan teknik dan takaran yang tepat, maka bisa dikhususkan untuk mengatasi gangguan kesehatan tertentu.

 

Manfaat Bawang Putih Untuk Wanita

Artikel tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan sudah banyak tersebar. Oleh karenanya, pembahasan kali ini akan lebih dikhususkan tentang manfaat bawang putih untuk wanita!

Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

 

Manfaat #1 : Meningkatkan Kesuburan

Khusus untuk bawang putih tunggal, kandungan alaminya bisa membantu para wanita dalam meningkatkan produksi hormon estrogen. Hal ini bisa menjadi penyebab kesuburan wanita lebih baik dari biasanya, sehingga potensi kehamilan bisa lebih besar.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan mengkonsumsinya sebanyak 1 siung secara rutin setiap hari, terutama menjelang siklus subur wanita. Ikhtiar ini bisa dicoba bagi Anda yang tengah mengharapkan hadirnya buah hati.

 

Manfaat #2 : Mengatasi Jerawat

Bawang putih mengandung antioksidan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat yang diakibatkan oleh radikal bebas dan penyebab kerusakan kulit lainnya. Namun pengobatannya bukan dengan mengoleskan langsung ke jerawat sebagaimana kisah bisul di atas, melainkan dengan mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari kira-kira 1 siung.

Dengan melakukan ini, insya Allah Anda bisa terbebas dari jerawat serta memiliki kulit yang lebih sehat karena pengaruh zat antioksidan yang didapat dari bawang putih.

 

Manfaat #3 : Menjaga Daya Tahan Tubuh

Walaupun wanita, namun tetap harus memperhatikan daya tahan tubuh agar tetap “strong”, sebab banyak sekali pekerjaan yang dibebankan pada wanita khususnya di rumah, yang mengharuskan kita memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang prima.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan memanfaatkan bawang putih, karena manfaat bawang putih bagi kesehatan wanita ini cukup efektif yang bersumber dari adanya enzim Alliiin dan Alliinase dalam bawang putih yang berkhasiat menangkal pengaruh negatif dari virus dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih fit, anti badai, tidak mudah sakit, dan lebih terjaga staminanya, insya Allah.

 

Manfaat #4 : Mengatasi Bisul

Kembali kepada pembahasan bisul lagi 🙂 Tidak sedikit diantara wanita yang menderita bisul. Oleh karenanya, Anda bisa mencoba saran dari orang tua kita untuk mengoleskan potongan bawang putih ke area bisul, sebab ternyata hal ini sudah terbukti efektif.

Hal yang mendasarinya adalah bisul muncul disebabkan oleh bakteri stapihyloccocus dan streptococcus yang bersarang di folikel rambut yang terdapat pada kulit. Penggunaan bawang putih ini adalah sebagai antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri tersebut dan menjaga kesehatan kulit. Inilah sebabnya, kenapa saran orang tua kita untuk mengatasi bisul memiliki potensi keberhasilan yang lebih besar.

***

Demikianlah informasi tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan, khususnya kesehatan kaum wanita. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *