Korporasi Indonesia Gencar Investasi dengan Startup Singapura

1 min read

Korporasi Indonesia Gencar Investasi dengan Startup Singapura

Korporasi Indonesia Gencar Investasi dengan Startup Singapura – Korporasi Indonesia ramai-ramai mengembangkan inovasi untuk menjawab sederet permasalahan yang timbul ketika tertekan pandemi Covid19 dimana kebutuhan inovasi, solusi teknologi dan pasar baru ini mendorong korporasi indonesia memanfaatkan kolaborasi dengan startup singapura yang difasilitasi oleh Enterprise Singapore.

Setelah pandemi, korporasi indonesia ini diprediksi terus berinvestasi dalam teknologi dan solusi inofatif di sejumlah sektor semisal kontruksi, keuangan dan kesehatan.

Korporasi Indonesia Gencar Investasi dengan Startup Singapura

Hal ini tercermin dari partisipasi lebih dari 100 korporasi indonesia diantaranya Suryacipta Swadaya, Jababeka dan Karnadjaja Logistic dalam serivirtual showcase yang diselengarakan oleh Enterprise Singapore dan platform inovasi terbuka, GK Plug and Play Indonesia tahun ini.

Pameran tersebut menghasilkan sekitar 50 kolaborasi bisnis potensial antara perusahaan indonesia dan perusahaan teknologi yang berbasis di singapura yang difasilitasi oleh enterpreneur singapore overseas Center di jakarta dan Surabaya.

Korporasi Indonesia Gencar Investasi dengan Startup Singapura

Tahun ini, Microsoft dan Amazon Web Services Indonesia terlibat sebagai mentor startup Singapura dalam program Akselerasi Global Innovation Alliance, Entterprise Singapura yang baru diluncurkan untuk Indonesia.

Managing Director Plug and Play Indonesia Wesley Harjono menilai bahwa Singapura memiliki keunggulan sebagai pusat bisnis di kawasan Asia dan mitra handal bagi korporasi Indonesia yang ingin meningkatkan inovasi dengan pendekatan terukur dan hemat biaya.

Melalui program GIA, Plug and Play Indonesia bekerja sama dengan Enterprise Singapura yang berbasis di Jakarta dan Surabaya untuk menghadirkan solusi inovatif yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerah di seluruh indonesia.

Korporasi Indonesia Gencar Investasi dengan Startup Singapura

Tahun ini, Enterprise Singapura akan menyelenggarakan Singapore Week of Innovation and Technology 2020 pada 7-11 Desember dimana lebih dari 6000 investor, perusahaan, pemimpin industri dan mentor diprediksi akan berpartisipasi dalam festival teknologi digital dan fisik hybrid ini.

Ketika Pandemi Covid19, perubahan lanskap kebutuhan konsumen dan bisnis membuat kebutuhan inovasi teknologi semakin menonjol dimana di indonesia dan pasar asia tenggara lain, sektor edutech, fintech dan e-commerce kian berkembangp esat selama pandemi dan berpotensi terus mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

Perkembangan sejumlah sektor baru tersebut berjalan dengan sektor bisnis tradisional seperti infrastruktur, manufaktur dan transportasi yang akan pulih pasca pandemi, perubahan bisnis dan konsumsi ini yang akan mendorong korporasi mengadopsi lebih banyak inovasi.

Demi mendukung kenaikan permintaan akan solusi digital baru, Enterprise Singapura akan luncurkan Southeast Asia Open Inovation Challenge pada acara SWITCH 2020, korporasi dari vietnam, thailand dan malaysia akan mengungkapkan masalah yang mereka hadapi untuk sama sama mencari inovasi dan solusi dengan startup.

Korporasi bisa mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan ekosistem startup singapura untuk mengembangkan inovasi, menguji dan mengkomersilkan solusi baru dimana itu merupakan alasan dari Korporasi Indonesia Gencar Investasi dengan Startup Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *