Kementerian Perdagangan Gandeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Rakyat

1 min read

Kementerian Perdagangan Gandeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Rakyat

Kementerian Perdagangan Gandeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Rakyat – Kementerian Perdagangan menegaskan komitmennya dalam meningkatkan daya saing pasar rakyat, salah satunya melalui program bertajuk Digitalisasi Pasar Rakyat dengan menggandeng Tokopedia.

Dengan sinergi ini Tokopedia akan memberikan fasilitas ruang promosi melalui pembukaan akun pasar rakyat di platform Tokopedia dimana Kerja sama ini diharapkan dapat membantu para pedagang pasar rakyat dalam meningkatkan penjualannya secara daring.

Kementerian Perdagangan Gandeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Rakyat

Menurut Jerry, Kementerian Perdagangan berupaya untuk konsisten mendorong pemerintah daerah melakukan inovasi di tengah pandemi Covid19 dei memutar roda ekonomi termasuk lewat pasar rakyat.

Kementerian Perdagangan Gandeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Rakyat

Kemendag mendorong daerah yang memiliki pasar rakyat untuk menerapkan digitalisasi pasar rakyat bekerja sama dengan Pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya terhadap barang kebutuhan pokok, baik secara daring maupun luring.

Dirjen PDN Syailendra menyatakan cakupan kerja sama ini termasuk memfasilitasi pengembangan kapasitas serta penguatan UMKM termasuk di pasar rakyat.

Kemitraan ini juga mencakup penyediaan ruang promosi, informasi, edukasi, sosialisasi, serta pemanfaatan akun pasar rakyat di aplikasi Tokopedia

Tokopedia juga diharapkan dapat memberikan pelatihan pengelola pasar rakyat sehingga para pengelola pasar rakyat dapat mengembangkan usahanya yang kemudian dapat meningkatkan omzet.

Kementerian Perdagangan Gandeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Rakyat

Selain itu kerja sama ini juga meliputi pertukaran data dan informasi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, pembebasan biaya power merchant oleh Tokopedia, pengembangan kualitas sumber daya manusia bagi UMKM, serta publikasi dan sosialisasi.

Durasi pelaksanaan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini  berlaku selama tiga tahun dan dapat dievaluasi sesuai dengan kesepakatan sebagai proyek percontohan, kini Pasar Sehat Sabilungan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah aktif di Tokopedia.

Vice President of Public Policy and Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, kolaborasi tersebut untuk membantu masyarakat menghadapi perkembangan era, terutama di tengah pandemi. Program digitalisasi diharapkan dapat membantu lebih banyak pelaku usaha, khususnya UMKM untuk beradaptasi guna menjaga usahanya tetap berjalan dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia.

“Kunci menghadapi pandemi adalah beradaptasi dengan terus berkolaborasi dan berinovasi. Ini yang dilakukan oleh seluruh mitra strategis kami, termasuk lebih dari 9,9 juta penjual tergabung di platform Tokopedia, dimana hampir 100 persen adalah UMKM. Bahkan, 94 persennya berskala ultra mikro,” kata Astri.

Nah, sekarang kalian sudah tahu bukan mengenai kementerian perdagangan yang menggandeng gojek dalam menerapkan digitalisasi pasar rakyat yang telah kami ulas pada artikel Kementerian Perdagangan Gandeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *