Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan Selama Pandemi

1 min read

Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan Selama Pandemi

Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan Selama Pandemi – Laporan terbaru dari UN Women yang bekerja sama dengan Pulse Lab Jakarta dan Gojek menyatakan platform digital untuk pelaku usaha telah membantu usaha mikro dan kecil milik perempuan untuk bertahan dan bertumbuh selama pandemi Covid-19.

Menurut laporan bertajuk “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19” tersebut lebih dari 80 persen UMK menggunakan platform digital seperti GoBiz, sebagai strategi penanggulangan pandemi.

Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan Selama Pandemi

Secara khusus, penggunaan platform digital membantu sebagian besar usaha yang telah berdiri lebih dari 1 tahun untuk bertahan dan 30-40 persen dari usaha yang belum lama dirintis untuk berkembang.

Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan Selama Pandemi

Laporan ini juga mendapati bahwa 82 persen pelaku usaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital seperti GoBiz, Selly, dan MokaPOS.

Temuan studi independen ini sejalan dengan apa yang telah diadvokasi Gojek melalui insiatif MelajuBersamaGojek, yaitu untuk menjadi mitra pertumbuhan untuk 900rb mitra usaha kami yang 96 persen diantaranya merupakan UMKM.

Melengkapi laporan di atas, penelitian Lembaga demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, menyatakan 42 persen mitra mitra usaha GoFood adalah perempuan dan 27 persen di antaranya merupakan ibu rumah tangga.

Penelitian UN Women menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, dan analisis Big Data. Pengumpulan data kuantitatif berlangsung antara 14 hingga 27 Oktober 2020.

Survei dibagikan kepada 8.000 pelaku usaha yang terdaftar di GoBiz dan dipilih secara acak. Setelah menghilangkan tanggapan parsial dan entri lain yang tidak relevan, angka itu mengerucut menjadi 2.168 tanggapan yang dianalisis.

Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan Selama Pandemi

Sementara data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara virtual yang dilakukan pada sampel yang terdiri dari 40 perempuan dan laki-laki pemilik UMK yang tinggal di daerah perkotaan atau pinggiran kota di Indonesia.

Platform digital untuk pelaku usaha seperti GoBiz, telah membantu usaha mikro dan kecil (UMK) milik perempuan untuk bertahan dan bertumbuh selama pandemi Covid-19. Hal ini diketahui dari laporan terbaru yang berjudul “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19” dari UN Women yang bekerjasama dengan Pulse Lab Jakarta dan Gojek.

Diketahui lebih dari 80 persen UMK menggunakan platform digital, seperti GoBiz, sebagai strategi penanggulangan pandemi terhadap bisnis mereka. Secara khusus, penggunaan platform digital membantu sebagian besar usaha yang lebih tua (telah berdiri lebih dari 1 tahun) untuk bertahan dan 30-40 persen dari usaha yang lebih muda untuk berkembang dan itu adalah informasi dari Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan Selama Pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *