Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

3 min read

Kartu BPJS saat ini menjadi kartu yang banyak dicari oleh setiap masyarakat yang ada di Indonesia. Tentu saja karena dengan memiliki kartu ini, setiap orang yang ingin berobat dapat diberikan kemudahan dalam pengobatannya. Dengan adanya BPJS Kesehatan, baik memeriksakan diri ke dokter maupun menebus obat tidak perlu memikirkan biaya yang cukup mahal, anda hanya perlu membayar iuran tiap bulannya. Saat ini juga sudah hadir kartu BPJS kesehatan online yang dapat dicetak sendiri, dengan kartu ini nantinya dapat anda pergunakan dengan sebaik mungkin agar anda dan keluarga anda dapat berobat.

Berikut adalah cara – cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mencetak kartu BPJS kesehatan online.

Cara Mencetak Kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)

Kartu BPJS menjadi kartu andalan untuk dapat berobat ke berbagai fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia ini. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara mencetak kartu BPJS kesehatan online ini, berikut adalah langkah – langkah yang dapat anda lakukan.

Mengunduh Aplikasi

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah, mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan dan kemudian memasangnya pada ponsel anda. Kemudian selanjutnya, anda buka aplikasi BPJS Kesehatan atau Mobile JKN yang sudah terpasang di ponsel anda.

Aplikasi BPJS Kesehatan atau Mobile JKN ini bisa anda unduh di berbagai platform seperti Play Store dan juga App Store. Dengan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan atau JKN Mobile ini, anda tidak harus mencetak kartu dengan membawa identitas ke kantor BPJS, karena anda bisa mengurus semuanya sendiri hanya dengan menggunakan ponsel anda.

Login Ke Dalam Aplikasi BPJS Kesehatan

Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan atau Mobile JKN, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan masuk atau login ke dalam halaman BPJS Kesehatan online.  Untuk dapat login BPJS Kesehatan online, anda harus memiliki alamat email yang sudah terdaftar pada BPJS. Apabila alamat email anda sudah terdaftar pada BPJS Kesehatan online, anda dapat login menggunakan alamat email tersebut. Pastikan alamat email ini selalu aktif, karena tentu saja BPJS tidak berhenti hanya pada untuk mencetak kartu saja, namun akan ada berbagai pemberitahuan atau hal – hal yang terkait dengan pembaharuan dari BPJS Kesehatan sendiri.

Ubah Data Peserta

Untuk bisa cetak kartu BPJS, langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah masuk ke dalam halaman login BPJS Kesehatan online adalah anda dapat mengubah data peserta. Untuk bisa mengubah data peserta ini, langkah – langkahnya adalah anda login ke dalam aplikasi BPJS Kesehatan online, kemudian masuk dan pilih menu ” Peserta “.

Kemudian klik atau tekan tombol tersebut, setelah anda klik dan masuk selanjutnya anda dapat mengubah data peserta. Tersedia beberapa kolom – kolom yang harus anda isi. Isikanlah kolom – kolom tersebut dengan data dari peserta BPJS Kesehatan yang ingin anda masukkan. Data – data yang akan anda masukkan tentunya harus sesuai dengan identitas diri anda sendiri, agar nantinya tidak terjadi kesalahan data baik pada saat akan mencetak atau menggunakan kartu peserta BPJS Kesehatan ini.

Peserta BPJS Kesehatan Mandiri

Kemudian setelah anda berhasil mengubah data peserta dan mengisinya dengan data yang sesuai dengan identitas anda, selanjutnya anda dapat memilih peserta BPJS Kesehatan Mandiri yang ingin e – id atau kartu peserta yang ingin anda cetak.

Pastikan kembali bahwa data – data yang sudah anda masukkan pada menu ubah data peserta sebelumnya, sudah benar dan sesuai dengan identitas dari peserta yang ingin dicetak kartu BPJS Kesehatan nya.

Mengirim Kartu E – ID Ke Alamat Email

Setelah anda memeriksa kembali semua kebenaran data peserta yang telah anda masukkan, langkah selanjutnya anda dapat mengirim kartu peserta ke dalam alamat email anda yang sebelumnya sudah terdaftar dengan BPJS Kesehatan.

Langkah untuk dapat mengirim kartu E – ID atau kartu peserta BPJS Kesehatan ke alamat email anda adalah anda dapat memilih ikon atau gambar email. Kemudian, ketika anda sudah memilih ikon atau gambar email tersebut, maka akan ada sebuah pertanyaan yang muncul seperti ini ” Apakah Anda Ingin Mengirim Kartu E – ID Ke Dalam Alamat Email Anda ? “. Ketika ada pertanyaan tersebut anda cukup  memilih kata dan berikan jawaban YA dan selanjutnya, sistem BPJS Kesehatan akan memproses jawaban anda dan kemudan sistem juga akan mengirimkan karu E – ID anda ke dalam alamat email milik anda.

Mengecek Dan Memeriksa Email.

Ketika kartu E – Id yang ingin anda cetak sudah terkirim ke dalam alamat email anda, berikutnya bukalah email milik anda yang sebelumnya sudah terdaftar dengan BPJS Kesehatan. Lihat kotak masuk dan periksa apakah sudah ada email pemberitahuan yang masuk dari BPJS Kesehatan online. 

BPJS Kesehatan online biasanya akan mengirim email pemberitahuan untuk cetak kartu BPJS Kesehatan dengan judul ” Kartu E – ID BPJS Kesehatan “. Bila anda sudah menemukan email tersebut, anda dapat mengecek dan mengunduh file lampiran kartu BPJS yang telah dibuat oleh sistem BPJS Kesehatan online sebelumnya.

Download Dan Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Langkah terakhir adalah download file lampiran yang telah dikirimkan oleh pihak BPJS Kesehatan ke dalam alamat email milik anda yang tadi juga sudah terdaftar pada BPJS Kesehatan online. Setelah anda download file lampiran dari email BPJS Kesehatan, kemudian anda bisa mencetak kartu peserta BPJS Kesehatan.

Pastikan kembali semua data – data yang sudah anda masukkan sudah benar dan sesuai. Jika semua data sudah benar dan juga sudah sesuai anda dapat mencetak atau print kartu peserta BPJS Kesehatan yang baru.

Setelah selesai mencetak atau print, kini anda sudah memiliki kartu peserta BPJS Kesehatan milik anda sendiri, dan kini dapat anda gunakan untuk berbagai keperluan pengobatan di berbagai fasilitas kesehatan yang anda butuhkan.

Demikianlah cara untuk dapat cetak kartu BPJS Kesehatan online, yang dapat membantu anda untuk mempermudah urusan pengobatan demi kesehatan anda. Untuk dapat melakukan pengobatan menggunakan kartu BPJS Kesehatan ini anda harus tetap mengikuti prosedur yang berlaku.

Ketika dalam penggunaannya, anda harus tetap wajib membawa identitas – identitas pendukung lainnya seperti Kartu Tanda Penduduk ( KTP ), Kartu Keluarga ( KK ).  Bagi para pemegang kartu E – ID BPJS Kesehatan tidak diwajibkan untuk mengganti kartu E – ID dengan kartu BPJS seperti pada umumnya.  Hal tersebut dikarenakan masing – masing kartu ini mempunyai dan memiliki fungsi yang sama, serta masing – masing kartu ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan yang menggunakan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

Tata Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Sesuai dengan yang tertera pada pasal 14 UU tentang BPJS, bahwa setiap warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang telah bekerja di dalam...
cintanyadoi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *