Cek Kesehatan Sebelum Menikah itu Penting

2 min read

Cek Kesehatan Sebelum Menikah itu Penting

Bismillah…

Sebuah keluarga diciptakan dari proses awal pernikahan, yakni bersatunya 2 orang yang saling mencintai dan mengucap akad untuk sama-sama menjalankan syariat Islam dalam rangka beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Namun agar kelanjutan pernikahan bisa tetap terjaga, dibutuhkan banyak persiapan sebelumnya, mulai dari persiapan ilmu, persiapan rencana, hingga yang tidak kalah penting yaitu pemeriksaan kesehatan calon kedua mempelai sebelum dilangsungkannya pernikahan, atau yang bisa disebut dengan cek pra nikah!

Mengapa cek kesehatan sebelum menikah itu penting? Jawabannya akan Anda temukan dalam artikel ini…

 

Manfaat #1
Mengetahui Kondisi Masing-Masing Pasangan

Manfaat yang akan langsung dirasakan ketika cek kesehatan sebelum melangsungkan pernikahan, adalah bisa mengetahui kondisi kesehatan pihak laki-laki dan perempuan. Hal ini sangat penting untuk diketahui, agar tidak ada lagi hal yang dirahasiakan, terlebih tentang kondisi kesehatan yang dimiliki.

 

Manfaat #2
Upaya Dini Agar Mendapat Keturunan

Salah satu tujuan pernikahan adalah agar bisa menghasilkan keturunan yang akan meneruskan perjuangan kedua orang tuanya, juga agar bisa menjadi harta peninggalan, dan juga dalam syariat Islam anak yang shalih pun bisa menjadi penolong dan penyelamat bagi kedua orang tuanya.

Agar potensi untuk mendapatkan keturunan semakin besar, maka upaya dini yang bisa dilakukan adalah dengan cek kesehatan sebelum menikah, khususnya dalam mengetahui tingkat kesuburan yang dimiliki oleh kedua pasangan. Jika calon suami subur,  calon istri pun subur, serta tidak ada potensi yang bisa menghambat terjadinya kehamilan, maka peluang untuk segera mendapatkan keturunan setelah menikah akan lebih besar, insya Allah…

 

Manfaat #3
Agar Lebih Yakin dalam Melangkah

Keyakinan penting sekali dalam menentukan sebuah keputusan, terlebih keputusan untuk menjalani kehidupan bersama sebagai sepasang suami istri. Dan keyakinan ini pun bisa membuat kita lebih pasti dalam melangkah, sehingga walaupun pada prosesnya nanti banyak kesulitan dan hambatan yang dialami, keyakinan di awal ini akan menjadi motivator terbaik yang membuat kedua pasangan mampu menghadapi dan mengatasinya.

Kalaupun ternyata setelah dilakukan pengecekkan kesehatan, terdapat beberapa gangguan kesehatan yang dimiliki oleh salah satu atau kedua belah pihak, namun jika sudah bersedia menerima pasangan dengan apapun keadaannya, tentu itu pun akan membuat kita lebih yakin tanpa ada penyelasan di kemudian hari.

 

Manfaat #4
Memiliki Keturunan yang Sehat

Keturunan yang sehat adalah harapan setiap pasangan suami istri, karena melihat buah hati kita bisa tumbuh baik dan maksimal, akan memberikan kebanggaan, rasa bahagia dengan tingkat syukur yang besar. Salah satu hal yang bisa mewujudkan lahirnya keturunan yang sehat adalah kualitas kesehatan kedua orang tuanya.

Tidak sedikit anak yang divonis memiliki penyakit yang kronis dikarenakan ada faktor dari kedua orang tuanya, baik itu riwayat penyakit dari sang ibu, maupun kebiasaan buruk dari sang ayah, serta hal lain yang mempengaruhinya.

Oleh karena itu, jika Anda berharap untuk memiliki keturunan yang sehat, maka pastikan diri Anda sehat, dan pilihlah pasangan yang memiliki kualitas kesehatan yang baik pula. Dan ketika itu sudah dimiliki, maka mulailah untuk menjaga diri dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa merusak kesehatan diri sendiri ataupun kesehatan anak yang akan dilahirkan.

 

Manfaat #5
Mempersiapkan Segala Resiko

Ketika melakukan pengecekan kesehatan, ternyata ada keluhan penyakit atau kedua belah pihak memiliki kekurangan dalam hal kesehatan, maka keputusan tentu dikembalikan kepada yang akan menjalani pernikahan. Namun dengan mengetahui hal ini, kedua belah pihak minimal sudah mengetahui perkiraan resiko yang akan dihadapi serta mempersiapkan setiap hal kurang menyenangkan dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

***

Demikianlah informasi singkat tentang manfaat yang akan didapat dengan melakukan cek kesehatan sebelum menikah. Hal ini penting untuk dilakukan agar bisa memberikan manfaat-manfaat sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *