Cara Serta Manfaat Sit Up dan Pull Up Bagi Tubuh Kita

7 min read

5 Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar memang menjadi dambaan setiap orang, selain menjaga pola makan dan hidup sehat salah satu upaya yang dilaku kan adalah olahraga dengan teratur. Ada berbagai jenis olahraga, salah satunya adalah sit up dan pull up. Tentunya Kita mengetahui ada banyak manfaat sit up dan pull up jika dilakukan secara teratur. Sebelum mengenal lebih jauh kedua olahraga ini ada baiknya Kita memahami dulu apa itu olahraga dan manfaatnya bagi tubuh Kita.

Olahraga merupakan suatu aktivitas fisik dan pikiran yang bertujuan untuk melatih serta menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani. Aktivitas ini dilaku kan secara terencana dan terstruktur, dimana dalam aktivitasnya terdapat panduan serta cara tertentu yang harus dilaku kan agar kesehatan dan kebugaran tubuh dapat tercipta. Selain aktivitas fisik, ternyata olahraga juga mempunyai manfaat dan pengaruh terhadap fungsi kerja otak manusia. Dengan rajin berolahraga, otak manusia akan bekerja dengan lebih maksimal serta memiliki daya pikir yang lebih baik, pada akhirnya pengendalian emosi dan percaya diri seseorang juga akan meningkat. Nah, banyak bukan manfaat dari kegiatan olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh Kita.

Beberapa olahraga juga memiliki manfaat masing – masing yang berbeda bagi tubuh. Olahraga terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari tujuan dan juga cara melakukannya. Namun menurut jenisnya, olahraga terbagi menjadi dua yaitu olahraga modern dan olahraga tradisional. Olahraga modern adalah bentuk olahraga yang telah melalui beberapa tahapan penyesuaian dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Sedangkan olahraga tradisional biasanya berasal dari permainan asli suatu kelompok masyarakat yang sudah diturunkan dari budaya lama hingga saat ini. Jenis olahraga modern memiliki banyak cabang olahraga seperti senam, cardio, latihan kekuatan dan lain – lain. Sedangkan olahraga tradisional biasanya berbeda tergantung dari daerah asal olahraga tersebut seperti lompat galah, egrang, perahu naga, karapan sapi dan masih banyak lagi.

Olahraga sit up dan pull up termasuk ke dalam jenis olahraga modern tepatnya adalah latihan kekuatan. Olahraga latihan kekuatan ini tidak hanya baik dilaku kan oleh seorang binaragawan saja, namun juga baik jika dilaku kan secara rutin oleh Anda sehari – hari. Pasalnya latihan kekuatan ini  mampu membangun dan mengencangkan masa otot Anda. Dengan memiliki otot yang kuat, energi yang digunakan akan lebih maksimal dan sangat mendukung bagi kegiatan sehari – hari. Jenis olahraga latihan kekuatan ini sebaiknya dilaku kan secara bertahap, karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi agar hasil yang didapatkan lebih optimal. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum memulai kegiatan olahraga latihan kekuatan ini.

Olahraga latihan kekuatan juga memiliki beberapa cara, cara atau langkah kegiatan ini harus diikuti dengan baik agar tidak menimbulkan cidera atau masalah pada kesehatan lain. Tujuan olahraga sendiri adalah untuk menjaga kesehatan bukan untuk merusak kesehatan. Sebelum Kita mengetahui bagaimana langkah melakukan olahraga sit up dan pull up ada baiknya Kita memahami terlebih dahulu manfaat sit up dan pull up bagi tubuh Kita. Berikut akan dijabarkan beberapa manfaat dari kegiatan olahraga sit up dan pull up.

Manfaat sit up

  1. Menjaga Kestabilan Gerakan

Manfaat yang pertama adalah untuk menjaga kestabilan gerak tubuh. Beberapa bagian tubuh bekerja saat melakukan gerakan sit up, di antaranya bagian lengan, bahu perut, pinggul dan leher. Seperti yang Kita ketahui, pinggul sendiri merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan gerak pada tubuh manusia, oleh sebab itu latihan ini sangat baik untuk menjaga kestabilan gerakan tubuh Anda.

  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Kita mungkin sering merasa atau memiliki kawan yang mudah terjatuh ketika sedang berjalan, berdiri, berlari atau ketika sedang melakukan kegiatan – kegiatan tertentu. Hal ini disebabkan karena keseimbangan tubuh yang kurang baik. Selain menjaga kestabilan gerak tubuh ternyata sit up juga dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Saat melakukan gerakan sit up tubuh akan terbiasa untuk menahan beban atau bobot tubuh. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin tubuh juga akan terbiasa untuk menopang berat agar lebih seimbang.

  1. Dapat Meningkatkan Metabolisme

Kebanyakan jenis olahraga memang cukup berpengaruh pada peningkatan metabolisme tubuh. Sit up juga merupakan salah satu kegiatan olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang. Metabolisme sendiri adalah suatu mekanisme kerja tubuh yang berfungsi untuk mengolah nutrisi yang diserap oleh tubuh. Semakin baik metabolisme tubuh seseorang maka akan semakin baik juga bagi tubuh orang tersebut. Sit up sendiri memiliki fungsi yang dapat merangsang kerja organ – organ tubuh sehingga sistem metabolisme juga dapat meningkat.

  1. Dapat Menjaga Postur Tubuh

Siapa sih diantara Kita yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang bagus dan ideal? Tentunya memiliki tubuh ideal merupakan dambaan dari banyak orang. Latihan kekuatan sit up ini sendiri menjadi salah satu pilihan olahraga  banyak orang yang ingin membentuk tubuh mereka. Dengan melakukan olahraga sit up secara rutin, selain dapat membentuk perut juga dapat menghilangkan lemak di bagian perut dan beberapa bagian lain seperti pinggul, lengan dan leher.

  1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran  darah yang lancar sangat berpengaruh pada fungsi kerja organ – organ tubuh. Pada dasarnya semua jenis olahraga dapat membantu peredaran darah menjadi lancar, begitu juga dengan latihan kekuatan sit up. Sit up dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga jika dilaku kan secara rutin Anda dapat terhindar dari penyakit penggumpalan darah yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

  1. Dapat Memperkuat Otot

Selain dapat mengecilkan perut, latihan sit up juga dapat memperkuat otot tubuh. Beberapa bagian otot yang diperkuat oleh latihan sit up adalah sebagai berikut:

– Otot Bagian Penyetabil

Otot ini adalah bagian otot yang mempunyai cara kerja untuk memfasilitasi kemampuan tubuh manusia untuk bergerak secara terkoordinasi. Otot penyetabil ini bekerja secara baik jika seseorang melakukan latihan sit up secara rutin.

– Otot Bagian Kaki

Otot bagian ini berfungsi untuk meningkatkan kerja bagian kaki bagi kegiatan mobilitas sehari – hari. Otot – otot bagian kaki akan mendapat manfaat yang besar jika melakukan kegiatan sit up secara rutin.

– Penggerak Pinggul

Selain menjadi bagian tubuh yang mempunyai fungsi menyeimbangkan gerak pinggul juga menjadi fasilitator kemampuan menekuk dan memutar pada tubuh manusia.

– Otot Bagian Punggung

Gerakan pada sit up juga dapat melatih kekuatan otot bagian punggung yang termasuk dalam kelompok otot bagian tinggi. Otot ini juga sangat membatu ketika tubuh bekerja untuk mengangkat beban berat.

  1. Baik Bagi Otot Bagian Inti

Otot ini adalah bagian yang penting, otot ini bertanggung jawab pada postur tubuh. Otot inti ini terdiri dari beberapa kelompok, seperti:

– otot punggung bawah

– otot dan persendian pinggul

– otot bagian panggul

– otot bagian perut

Otot tubuh yang memiliki posisi tidak benar dapat menyebabkan gangguan fungsi kerja organ – organ tubuh yang berkaitan dengan otot tersebut

  1. Dapat Mengurangi Risiko Cidera

Selain meningkatkan kekuatan otot, sit up juga dapat mengurangi risiko cedera pada bagian tubuh tertentu. Peningkatan fleksibilitas dan kekuatan masa otot dapat menghindarkan tubuh dari tekanan dan juga fungsi kerja yang berlebih.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular

Sit up juga dapat menguatkan otot jantung, jantung memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Memilik jantung yang kuat dapat mempermudah kerja jantung untuk memompa darah dan memasok oksigen ke organ tubuh serta otot tubuh lainnya.

  1. Memperbaiki Penampilan Tubuh

Penampilan tubuh yang baik ternyata sangat berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang, maka dengan memiliki penampilan tubuh yang baik, kesehatan mental seseorang juga akan terjaga.

  1. Olahraga Yang Ekonomis

Selain bisa dilaku kan di rumah, sit up juga merupakan salah satu olahraga yang ekonomis karena tidak diperlukan biaya untuk melakukan latihan kekuatan ini. Anda tidak perlu membayar uang untuk melakukannya di pusat kebugaran.

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat dari sit up, berikut adalah langkah – langkah melakukan latihan kekuatan sit up yang benar. Berikut adalah langkah – langkah aman dalam melakukan sit up:

Langkah Pertama

Pertama – tama Anda harus melakukan posisi berbaring dan terlentang di atas matras. Gunakan matras atau alas agar tubuh Anda tidak langsung mengenai lantai. Lalu Anda dapat menekuk kedua lutut Anda dan membentuk sudut 90° dan renggangkan kaki Anda sejauh pinggul. Posisikan kedua tangan Anda menyatu dan merapat menempel di bawah leher, seperti menggenggam kepala. Siku Anda mengarah keluar tubuh sejajar dengan leher.

Langkah Kedua

Kemudian angkat tubuh bagian atas Anda menjauhi matras hingga mendekati bagian lutut. Dada diusahakan sedekat mungkin dengan lutut dan otot perut dikencangkan menekuk ke dalam. Hirup napas ketika berada di posisi berbaring dan buang napas pada posisi menekuk. Yang perlu Anda pastikan adalah punggung bagian bawah Anda terangkat dari matras.

Langkah Ketiga

Kembalikan tubuh ke posisi awal dan laku kan tarikan nafas pada saat posisi berbaring, usahakan satu nafas untuk satu kali gerakan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 – 15 kali pengulangan dan laku kan sebanyak minimal 3 set. Sebelum dan sesudah melakukan gerakan ini Anda sebaiknya melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu.

Olahraga latihan kekuatan yang kedua adalah pull up, olahraga ini juga memiliki beberapa manfaat yang mirip dengan sit up, namun ada beberapa bagian tubuh yang difokuskan dalam latihan pull up ini seperti bagian lengan, bahu dan otot bagian atas.

Berikut adalah beberapa manfaat pull up bagi tubuh Kita, seperti:

  1. Meningkatkan Fungsi Otot Bagian Atas

Otot bagian atas tubuh terdiri dari otot leher, otot lengan, otot bahu dan otot dada. Gerakan pull up sangat jelas membantu melatih kekuatan otot tubuh bagian atas karena kegiatan ini memang berfokus pada area tersebut. Latihan ini juga dapat membentuk tubuh bagian atas menjadi lebih kekar dan nampak berstamina

  1. Memperkuat Otot Punggung

Menarik bobot tubuh pada gerakan – gerakan pull up sangat membutuhkan kekuatan otot bagian punggung. Hal ini secara otomatis dapat meningkatkan kerja otot punggung juga meningkatkan kemampuan otot punggung untuk menahan beban berat.

  1. Melatih Kekuatan cengkeraman

Gerakan pull up yang bertumpu pada kedua jemari tangan juga dapat memperkuat cengkeraman Anda. cengkeraman juga banyak ditemukan dalam kegiatan sehari – hari seperti menjinjing barang atau membuka tutup botol. Kondisi ini dapat memudahkan Anda melakukan kegiatan sehari – hari.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

apa pun aktivitas fisik atau olahraga yang dilaku kan pasti dapat meningkatkan stamina tubuh. Tidak terkecuali melakukan gerakan pull up ini. Gerakan pada olahraga pull up mungkin nampak mudah namun sebenarnya tidak, Anda membutuhkan energi yang besar ketika melakukan gerakan ini. Jika Anda konsisten melakukannya maka Anda dapat meningkatkan stamina tubuh.

  1. Penurunan Berat Badan

Berfokus pada tubuh bagian atas bukan berarti lemak pada tubuh bagian bawahmu tidak akan terbakar. Ternyata panas tubuh yang dihasilkan saat melakukan olahraga ini dapat membakar lemak di area tubuh yang lain seperti lengan dan perut. Hal ini juga berpengaruh pada pembentukan tubuh bagian atas.

  1. Meningkatkan Fungsi Kerja Paru – Paru

Besarnya energi yang dikeluarkan dalam melakukan latihan ini membuat paru – paru lebih banyak memompa oksigen yang menghasilkan tenaga untuk olahraga ini. Semakin rutin seseorang melakukan pull up maka semakin kuat juga kerja paru – paru orang tersebut. Paru – paru yang sehat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh organ lainnya.

  1. Menjaga Mood

Semua olahraga memiliki efek samping terhadap mood seseorang. Ketika seseorang melakukan olahraga maka hormon serotonin akan diproduksi lebih banyak. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan perasaan bahagia. Kondisi tubuh yang bahagia dapat meningkatkan produktivitas seseorang untuk melakukan kegiatan sehari – hari.

Berikut langkah – langkah melakukan pull up:

– siapkan pull up bar ketika Anda berada di pusat kebugaran atau sarana olahraga kota, atau Anda bisa menggunakan kusen pintu rumah. Usahakan tingginya 30 cm melebihi kepala Anda.

– pegang pull up bar atau pegangan lain dengan cara mencengkeram dengan tangan dan buka tangan selebar bahu Anda.

– posisikan badan Anda tegak lurus dengan posisi kaki yang ditekuk. Busungkan dada Anda agar bahu Anda leluasa bergerak dan nyaman.

– kunci otot bagian perut Anda, hal ini dapat menambah kekuatan otot tubuh bagian atas da  mengurangi risiko cedera punggung.

– angkat badan hingga dada sejajar dengan pull up bar atau penyangga. Tarik nafas ketika posisi tegak dan buang ketika posisi mengangkat. Turunkan badan Anda secara perlahan – lahan.

– laku kan gerakan ini berulang sebanyak 10 – 15 kali. Jangan lupa untuk beristirahat jika memang tubuh Anda tidak sanggup atau merasa kelelahan.

– jangan lupa untuk melakukan pemanasan ringan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan ini.

Berikut adalah cara dan manfaat sit up dan pull up bagi tubuh Kita. Bagaimana? Apakah Anda tertarik melakukan kegiatan olahraga ini di rumah? Perhatikan keselamatan Anda dan ikuti petunjuk langkah – langkah kegiatan dengan tepat agar tidak terjadi cedera pada tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan tetaplah jaga kesehatan Anda dengan berolahraga secara teratur, mengatur pola makan serta menjalani gaya hidup sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *