Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal

1 min read

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal – Setiap orang yang berisiko mengalami ginjal tentunya terjadi apabila pola hidup tidak teratur dengan baik tapi sebenarnya ada beberapa langkah sederhana yang kalian bisa lakukan sebagai cara pencegahan penyakit ginjal.

Ginjal ini ialah organ yang berfungsi untuk menyaring zat sisa metabolisme dan racun yang tidak diperlukan oleh tubuh dimana saat mengalami penyakit ginjal fungsi ini tak akan berjalan dengan baik dan itulah kenapa menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan.

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal ini tentunya perlu diperhatikan karena jika kita tidak memerhatikannya kita bisa terjadi komplikasi yang menyebabkan semakin parahnya penyakit ginjal tersebut, tentunya kalian bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara sederhana yang bermanfaat dalam mencegah penyakit ginjal dibawah ini.

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal ini bisa diseebabkan oleh banyak hal dan termasuk infeksi, penyakit autoimun dan penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol yang tinggi dimana sebenarnya untuk mencegahnya ialah ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai berikut.

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Ada beberrapa cara dalam rangka menjaga kesehatan ginjal tentunya kalian perlu menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit ginjal yang parah, berikut adalah beberapa cara untuk menjaganya.

  1. Minum air putih dalam jumlah cukup sekiranya 10 gelas perhari atau 8 gelas kemudian batasi konsumsi alkohol bahkan kalau bisa berhenti.
  2. Berhentilah merokok
  3. Tidurlah dengan waktu yang cukup minimal 6 sampai 8 jam sehari.
  4. Jaga agar berat badan tetap ideal dengan olahraga atau aktivitas fisik.
  5. Hindari mengkonsumsi obat di luar dari anjuran dokter terlebih bila obat dikonsumsi dengan dosis yang besar.

Nah, itu adalah cara dalam menjaga kesehatan ginjal, namun ada cara lain yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan rutin jika memiliki penyakit tertentu.

  • Lakukanlah Pemeriksaan Rutin

Ketika kalian mengalami penyakit seperti hipertensi atau diabetes yang merupakan penyakit sering menyebabkan komplikasi seperti penyakitginjal, jika kalian punya sakit tersebut kalian dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter agar bisa memantau perkembangan kedua penyakit agar mencegah terkena penyakit ginjal.

  • Batasilah Makanan Tertentu

Saat kalian sudah mulai mengalami menurunnya fungsi ginjal dalam mencegah semakin buruk fungsi tersebut kalian perlu memilih makanan berikut yang harus dibatasi konsumsinya.

  1. Makanan Kaleng
  2. Ikan Asin
  3. Alpukat
  4. Nasi Merah
  5. Pisang
  6. Produk Susu Keju atau Yoghurt
  7. Daging Olah
  8. Roti Gandum

Gejala yang mengawali penyakit ginjal perlu dikenali seperti jumlah produksi urin yang sedikit, pembengkakan pada anggota gerak tubuh juga terjadi nyeri pada punggung bagian bawah dimana mengenali gejala penyakit ini akan dapat membantu kalia dalam menangani sedini mungkin sebelum tambah parah.

Nah, kalian perlu cegah penyakit ginjal tersebut dengan beberapa cara yang telah kami berikan informasinya diatas agar kalian bisa mengatasi penyakit ginjal agar tidak memarah atau bahkan mencegah terkena penyakit ginjal tersebut dengan mengikuti Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *