Cara Mengatasi Penyakit Silikosis

1 min read

Cara Mengatasi Penyakit Silikosis – Silikosis ini merupakan penyakit saluran pernapasan yang diakibatkan dari menghirup debu silika yang menyebabkan peradangan dan pembentukkan jaringan parut pada paru-paru.

Silika ini merupakan mineral yang mirip kristal yang sangat biasa ditemukan di pasir, batu, dan kuarsa dimana silika juga dapat memiliki konsekuensi mematikan bagi orang bekerja yang berhubungan dengan batu, akca, beton atau bentuk batu lainnya.

Cara Mengatasi Penyakit Silikosis

Perlu kalian ketahui dimana ketika seseorang menghirup sebuah debu yang namanya adalah silika ini selama beberapa tahun akan mengalami silikosis dimana silikia ini merupakan unsur utama pasir seseorang yang bekerja sebagai buruh tambang logam, pemotong batu dan granit, pembuat tembikar atau pekerja pengecoran logam beresiko menderita silikosis.

Cara Mengatasi Penyakit Silikosis

Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit silikosis ini dimana sebagai upaya pencegahan semakin parahnya penyakit maka sangat penting untuk menghilangkan sumber paparan tersebut sebagai terapi pendukung penderita penyakit silikosis yang bisa diberikan obat penekan batu, oksigen dan bronkodilator, dimana bila terjadi infeksi kalian akan diberikan antibiotik.

Cara Mengatasi Penyakit Silikosis

Perlu kalian tahu dimana silikosis ini akibat kerja beresiko tinggi menderita TBC sehingga akan dianjurkan untuk menjalani tes kulit rutin setiap tahun dimana silika ini diduga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab TBC jika hasilnya positif akan diberikan obat anti TBC.

Penyakit silikosis ini dapat terus memburuk yang menyebabkan kerusakan paru lebih lanjut dan kecacatan serius, meskipun ini dapat terjadi sangat lambat selama bertahun-tahun resiko komplikasi penyakit tentunya bisa dikurangi jika Anda.

  1. Memastikan tidak terpapar silika lagi
  2. Berhenti merokok
  3. Lakukan tes urin untuk memeriksa TBC, jika disarankan oleh dokter
  4. Mendapatkan vaksin flu tahunan dan vaksinasi pneumokokus

Tentunya kalian mungkin akan disarankan terapi oksigen jangka panjang jika Anda mengalami kesulitan bernapas dan emiliki kadar oksigen yang rendah dalam darah dimana obat-obatan bronkodilator ini juga bisa diresepkan untuk memperlebar saluran udara juga membuat pernapasan lebih mudah dan kalian akan diberikan antibiotik jika mengalami infeksi dada bakteri.

Pencegahannya dilakukan dengan melakukan pengawasan terhadap lingkungan kerja dimana bila debu tidak bisa dikontrol misalnya pada industri peledakan maka pekerja diharuskan menggunakan peralatan yang memberikan udara bersih atau sungukup.

Dalam kasus yang parah, transplantasi paru mungkin menjadi pilihan dan meskipun ada persyaratan kesehatan yang ketat untuk dipenuhi sebelum ini akan dipertimbangkan dimana kalian perlu menjalani ronsen dada rutin untuk pekerja peledakan batu setiap 6 bulan dan untuk pekerja lainnya setiap 2 sampai 5 tahun dengan Cara Mengatasi Penyakit Silikosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *