Beragam Obat Kencing Batu Berdasarkan Ukurannya

1 min read

Beragam Obat Kencing Batu Berdasarkan Ukurannya – Ukuran batu ginjal yang menyebabkan kencing batu ini berbeda-beda dimana obat kencing batu itu tidak sama, demikian dengna cara mencegah kencing batu agar tidak terjadi di kemudian hari semua tergantung pada jenis batu yang terbentuk.

Kencing batu ini bisa terjadi karena terdapat penumpukan kalsium, oksalat, asam urat, amonia dimana batu tersebut biasanya terbentuk di dalam sistem saluran kemih kita baik di ginjal, kandung kemih, ureter ataupun pada salurah kemihnya.

Beragam Obat Kencing Batu Berdasarkan Ukurannya

Pembentukan batu ini bisa dipicu oleh kurangnya cairan atau urin yang terlalu pekat dimana ukurannya juga bervariasi ada yang kecil tapi ada juga yang sampai menghalangi aliran urin dan menyebabkan masalah pada salurannya.

Beragam Obat Kencing Batu Berdasarkan Ukurannya

Perlu kalian ketahui mengenai obat kencing batu ini tergantung dari besar ukuran batu yang terdapat pada kantung kemih, tentunya penanganannya juga berbeda dari lainnya, dimana kalian perlu pengobatan yang lebih ketika batunya terlalu besar.

Beragam Obat Kencing Batu Berdasarkan Ukurannya

  • Batu Ukuran Kecil

Kencing batu dengan ukuran kecil ini  bisa diobati tanpa bantuan obat kencing batu dimana batu tersebut bisa keluar dari dalam tubuh dengan sendirinya melalui urin atau air seni dan kita bisa mempermudah keluarnya dengan beberapa cara dibawah ini.

  1. Minum air putih 2 liter sampai 3 liter perhari agar bisa membersihkan sistem saluran kemih kita dan minum banyak air agar urin kita lebih jernih.
  2. Batu yang kecil bisa menyebabkan sakit ketika berpindah dalam saluran kemih, untuk itu dokter akan menyarankan kita minum obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol.
  3. Mengkonsumsi obat alpha blocker berfungsi melemaskan otot di ureter dimana otot yang lemas dapat membantu batu berjalan keluar dari ginjal ke saluran kemih dengan lebih cepat dan bisa mengurangi rasa sakit.

Nah, itu adalah beberapa cara mengenai cara mengatasi kencing  batu yang ukurannya kecil, dimana kalian bisa menerapkan beberapa cara tersebut untuk menghilangkan rasa sakit ketika terkena kencing batu yang berukuran kecil.

  • Batu Ukuran Besar

Jika batu yang kecil ini bisa keluar dengan air seni maka batu ukuran besar atau lebih dari satu cm maka membutuhkan penanganan medis dalam pengeluarannya, begitu pula jika batu dapat menyebabkan pendarahan dan kerusakan pada saluran kemih, berikut adalah beberapa cara mengobati kencing batu besar.

  • Menggunakan gelombang kejut untuk memecahkan batu yang disebut ESWL dimana gelombang ini bisa menghancurkan batu menjadi kecil agar bisa keluar melalui urin.
  • Melakukan prosedur sistoskopi ke dalam saluran kemih guna menemukan batu atau melakukan uresteroskopi untuk melihat gambaran rinci tentang lapisan ureter juga ginjal.
  • Operasi pengangkatan batu menggunakan alat khusus nefroskop dan berbagal alat kecil yang dimasukan ke dalam ginjal dan melakukan sayatan kecil pada bagian punggung.

Nah, itu adalah beberapa prosedur dalam mengobati kencing batu yang ada pada diri kita, tentunya kalian bisa mengetahui informasi tersebut dengan membaca artikel ini.

Nah bagaimana? Tentunya cukup menyeramkan bukan, kalian perlu mengurangi makanan yang kaya oksalat seperti bayam, ubi, okra, beet, cokelat dan kacang, dimana membatasi asupan garam, mengurangi asupan protein hewani dan Anda bisa mendapatkan asupan protein dari sumber protein nabati, tentunya kalian bisa mendapatkan informasi mengenai hal tersebut di Beragam Obat Kencing Batu Berdasarkan Ukurannya.

4 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Panah

4 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Panah – Memanah? Tentu kalian pernah dengar ataupun pernah liat olahraga memanah bukan? Olah raga ini menggunakan sebuah busur...
cintanyadoi
1 min read

5 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Skipping

5 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Skipping – Bagi kalian yang gemar olahraga pasti tidak asing dengan olahraga lompat tali atau yang bernama skipping, tentunya...
cintanyadoi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *