Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Orang Lain

1 min read

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Orang Lain

Suatu hari ada berita dari seorang teman, bahwa anak balitanya baru saja di opname di rumah sakit. Dan penyakit yang dideritanya berhubungan dengan paru-paru, yakni anak balita tersebut mengalami sesak nafas yang jika tidak mendapatkan penanggulangan yang tepat, kemungkinan akan berakhir pada kematian.

Setelah diselidiki lebih lanjut oleh team ahli rumah sakit, ternyata penyebab balita tersebut mengalami hal yang mematikan itu disebabkan karena terlalu banyak terpapar asap rokok. Padahal ayah balita tersebut sama sekali tidak merokok, ibunya pun demikian, bahkan seluruh anggota keluarganya yang menempati rumah dimana balita tersebut tinggal pun tidak ada yang merokok.

Hanya saja tetangga sebelah rumahnya, ternyata merupakan perokok aktif. Kontan saja dengan kondisi rumah kontrakan yang berderet dengan ventilasi yang memiliki sambungan antara satu rumah dengan rumah lainnya, menjadikan asap rokok yang dikeluarkan oleh tetangga masuk dan mencelakakan orang-orang di sekitarnya.

Dan inilah alasan logis kenapa sebuah keluarga yang tidak ada riwayat perokok, bisa memiliki balita yang menderita penyakit yang diakibatkan oleh asap rokok. Kesimpulannya adalah, bahwa terdapat potensi besar akan bahaya merokok bagi kesehatan orang lain.

 

bahaya merokok bagi kesehatan

 

Artikel Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Walaupun sudah banyak artikel yang menjelaskan tentang bahaya merokok bagi kesehatan, namun kebanyakan orang masih mengacuhkan dan asyik sendiri dengan sebatang rokok di tangannya, bahkan sebagian besar dari mereka tidak menghiraukan tentang orang-orang di sekitarnya.

Pernah juga muncul pernyataan, bahwa “Perokok pasif berpotensi memiliki bahaya yang lebih besar, dibandingkan dengan perokok aktif.” Hal ini memang benar adanya, karena ketika sebuah hembusan nafas yang dikeluarkan bersamaan dengan asap rokok, maka asap tersebut tidak lenyap tanpa jejak begitu saja, melainkan akan bertahan selama beberapa jam, dan memberikan efek paparan kepada orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itulah, kita sebaiknya menghindari agar tidak terlalu dekat dengan perokok aktif.

 

Bahaya Merokok Bagi Remaja

Sejenak kita lupakan kisah tentang tetangga tadi, dan mulai fikirkan tentang bahaya yang muncul jika orang terus merokok tanpa peduli terhadap orang lain.

Fakta di lapangan menunjukkan, bahwa banyak anak-anak remaja yang sudah mulai akrab dengan benda berbahaya ini. Mereka menjadi perokok aktif dan sudah tidak ada keraguan dan perasaan malu ketika merokok. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena sering melihat kegiatan merokok yang dilakukan oleh orang-orang dewasa, baik itu orang tuanya, tetangganya, orang-orang di luar rumah, dan tontonan-tontonan yang menunjukkan perbuatan tersebut.

Ini semua jadi pemicu munculnya bahaya merokok bagi kesehatan orang lain, yang dalam pembahasan kali ini adalah para remaja. Jika orang yang mulai merokok ketika sudah dewasa saja sudah besar potensi bahayanya, bagaimana dengan mereka yang sudah menjadi perokok aktif sejak remaja? Betapa banyak kandungan racun dan zat berbahaya yang terdapat dalam saluran pernafasannya. Tentu mereka memiliki potensi bahaya yang lebih besar.

 

5 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Pernafasan Manusia

Karena kegiatan merokok berhubungan dengan pernafasan, maka potensi bahaya yang paling besar adalah terhadap pernafasan manusia. Berikut adalah 5 potensi penyakit yang bisa ditimbulkan oleh rokok :

  1. Sesak nafas
  2. Kanker paru-paru
  3. Batuk
  4. Penyakit jantung
  5. Bau mulut

5 bahaya itu hanya yang berhubungan dengan pernafasan manusia saja, belum lagi tentang bahaya lain yang berhubungan dengan organ tubuh lainnya.

Hal ini menunjukkan, betapa sia-sia dan berbahaya jika kita terus memiliki kebiasaan merokok.

***

Semoga informasi tentang bahaya merokok bagi kesehatan orang lain ini bermanfaat dan semoga menjadi bahan pertimbangan agar kita menjauhi rokok dan para perokok aktif.

Semoga bermanfaat..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *