Alibaba Tegaskan Komitmen Patuhi Aturan Pemerintah

1 min read

Alibaba Tegaskan Komitmen Patuhi Aturan Pemerintah

Kota Tua Jakarta Wisata Sejarah Populer Ibukota – CEO Alibaba Group Holding memastikan perusahaan berkomitmen untuk mematuhi regulasi yang ada di Tiongkok dimana pernyataan ini menyusul adanya investigasi pemerintah tiongkok pada Alibaba terkait dugaan monopoli.

Daniel mengatakan alibaba harus mengedepankan persyaratan yang tinggi lebih tinggi untuk dirinya sendiri, sekaligus tetap berkontribusi pada pengembangan masyarakat dan ekonomi negara.

Alibaba Tegaskan Komitmen Patuhi Aturan Pemerintah

Alibaba ini merupakan peserta dan penerima manfaat dari perkembangan industri internet di tiongkok dan tentunya ini sangatlah membanggakan.

Lebih lanjutnya daniel ini menuturkan regulasi yang dibuat untuk masa depan dan didukung disiplin diri dapat membawa industri berkembang dan lagi sistem regulasi yang kuat dan teratur ditambah ekosistem platform ekonomi dapat menguntungkan semua pemangku kepentingan.

Alibaba Tegaskan Komitmen Patuhi Aturan Pemerintah

Sebagai informasi, eCommerce raksasa Tiongkok Alibaba memang tengah diinvestigasi terkait dugaan monopoli, pemerintah juga menghimbau pendiri alibaba tidak bepergian ke luar negeri.

Seorang sumber dalam laporan yang dikutip dari Bloomberg bahkan menyebut Jack Ma menghilang dari publik sejak Ant Financial agagal menawarkan saham perdananya ke publik.

Jack Ma yang merupakan salah satu pendiri Alibaba dan Ant yang flamboyan menghilang dari pandangan publik sejak penawaran perdana Ant batal bulan lalu dan Ma juga disarakan pemerintah untuk tetap tinggal di Tiongkok.

Kendati tidak muncul di publik sumber tersebut mengatakan Jack Ma tidak di ambang kehancuran pribadi dimana teguran yang terbuka dianggap merupakan peringatan bahwa pemerintah kehilangan kesabaran atas kekuatan besar para penguasa teknologi yang dianggap seebaggai ancaman terhadap stabilitas politik dan keuangan tiongkok.

Alibaba Tegaskan Komitmen Patuhi Aturan Pemerintah

Sekadar informasi, sebelumnya anak usaha Alibaba Group, Ant Financial direncanakan akan IPO di dua bursa yaitu Hong Kong dan Shanghai tapi sayangnya rencana tersebut batal menurut seorang analis dimana hal ini karena pemerintah tiongkok berupaya menahan perkembangan perusahaan yang sudah sangat besar dan kuat.

Tapi ada juga yang menyebut, kegagalan IPO itu juga terjadi karena kritik Jack Ma terhadap pemerintah ketika di konferensi teknologi keuangan dan Jack Ma saat itu mengatakan sektor perbankan yang kepemilikannya didominasi pemerintah Tiongkok mirip dengan pegadaian dan sektor perbankan menurutu Jack Ma juga kurang inovasi.

Pemerintah Tiongkok kemudian melakukan investigasi terhadap alibaba terkait dugaan praktik monopoli dan dalam hal ini Alibaba dituding memaksa seller di layanan e-commercenya untuk memilih menjual barang mereka secara ekslusif di Alibaba dan tidak boleh jualan di platform pesaing seperti jd.com dan pinduoduo.

Alibaba telah menerima surat pemberitahuan dari otoritas tiongkok soal penyelidikan yang dilakukan terkait undang undang anti monopoli dan mengatakan perusahaan akan aktif bekerja sama dengan regulator dalam usaha penyelidikan tersebut berlangsung dan itu adalah informasi mengenai Alibaba Tegaskan Komitmen Patuhi Aturan Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *