7 Manfaat Pull Up Bagi Kesehatan Tubuh

1 min read

7 Manfaat Pull Up Bagi Kesehatan Tubuh – Salah satu gerakan latihan olahraga yang paling banyak dilakukan untuk membentuk otot tubuh bagian atas lebih cepat ialah pull up, tentunya gerakan latihan ini merupakan gerakan yang favorit banyak dilakukan oleh pria, karena manfaat untuk tubuh yang benar benar terlihat.

Pull up ialah salah satu olahraga yang menggunakan berat badan sebagai bebannya dan sebagai penopang beratnya, dimana pada gerakan ini Anda hanya membutuhkan bar untuk melakukan olahraga pull up.

7 Manfaat Pull Up Bagi Kesehatan Tubuh

Jika tidak ada bar Anda bisa menggunakan ventilasi pintu olahraga dan ini tentunya cukup simpel untuk melakukan gerakan pull up, nah apa saja manfaat melakukan gerakan pull up tersebut?

7 Manfaat Pull Up Bagi Kesehatan Tubuh

Gerakan pull up sangat bermanfaat untuk membentuk tubuh yang ideal, tentunya kalian bisa mendapatkan informasi mengenai apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin melakukan gerakan tersebut.

7 Manfaat Pull Up Bagi Kesehatan Tubuh

  • Membentuk Badan Bagian Atas

Manfaat pull up yang akan dibahas diawal ialah dapat membentuk tubuh bagian atas dimana gerakan ini akan melatih otot punggung, pundak, bahu, dan otot sayap, Jika Anda rutin melakukan pull up maka tubuh bagian atas Anda khususnya bagian belakang akan terbentuk.

  • Menambah Tinggi Badan

Berikutnya dari manfaat melakukan gerakan pull up adalah dapat menambah tinggi badan, pull up juga sangat efektif untuk memicu peregangan otot sehingga mampu menambah tinggi  badan, jika Anda sedang dalam program penambahan tinggi badan Anda cocok melakukan gerakan ini.

  • Menambah Kekuatan Genggaman Tangan

Berikutnya selain dapat membentuk tubuh bagian atas dan meninggikan badan, pull up juga akan menambah kekuatan genggaman tangan Anda karena pada saat melakukan gerakan ini, jari jari tangan befungsi untuk menahan berat badan, sehingga jika Anda melakukan pull up secara rutin otomatis genggaman tangan Anda semakin kuat.

  • Membuat Otot Lebih Awet

Sama seperti push up, pull up juga bisa membuat otot Anda lebih awet, dimana pull up merupakan olahraga bodyweight sehingga gerakan yang Anda lakukan secara rtin bisa membuat otot lebih awet, karena pull up ialah olahraga yang natural hal ini berbeda ketika Anda melakukan angkat beban.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Melakukan latihan pull up juga dapat meningkatkan detak jantung karena tubuh aktif bergerak, hal ini tentu baik untuk kesehatan Anda karena jika tubuh kurang gerak maka detak jantung menjadi turun, jika detak jantung rendah maka akan memberikan efek tidak baik untuk kesehatan.

  • Membakar Lemak Tubuh

Melakukan latihan ini secara rutin juga berdampak pada terbakarnya lemak dalam tubuh, karena pada saat melakukan gerakan ini, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan Anda bisa menambahkan latihan ini ketika dalam program penurunan berat badan.

  • Menambah Keseimbangan Tubuh

Gerakan pull up ita ketahui tentunya membutuhkan keseimbangan tubuh ketika melakukan gerakan tersebut, dimana keseimbangan ini terjadi pada saat Anda menggantung di bar, jadi jiak Anda rutin melakukan gerakan ini maka keseimbangan tubuh akan bertambah.

Nah, itu adalah beberapa manfaat yang kalian bisa dapatkan dengan melakukan gerakan Pull Up secara rutin dirumah, tentunya kalian tidak perlu mengeluarkan biaya dalam melakukan gerakan ini, kalian hanya perlu mencari bar atau gagang besi yang bisa dijadikan media untuk melakukan gerakan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *