Blog

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon

Perawatan Tubuh

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon – Umumnya seseorang yang terkena sengatan tawon, lebah atau semut api tentunya akan mengalami reaksi alergi dimana sengatan ini memang paling sering memicu alergi.

Tapi meskipun kebanyakan orang tidak mengalaminya tentu jika kalian mengalami reaksi alergi, simaklah ulasan mengenai cara mengobati sengatan tawon yang sudah bengkak ialah sebagai berikut.

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon

Perlu kalian tahu dimana tawon ini atau juga serupa dengan lebah merupakan hewan yang dilengkapi dengan alat penyengat sebagai sarana untuk bertahan hidup dimana sengatan pada tawon ini mengandung racun yang terletak di perut serangga betina.

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon

Tentunya sengatan tawon ini menyebabkan alergi yang bisa terjadi di seluruh tubuh dimana bahkan dapat menyebabkan kematian karena terjadi anafilaksis yakni reaksi alergi berat yang fatal dimana sebagian besar kematian ini terjadi akibat racun sengatan yang terjadi dalam satu jam pertama setelah sengatan terjadi.

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon

Pengobatan untuk sengatan tawon ini tergantung pada tingkat keparahan kondisi dimana perlu kalian tahu bahwa tidak ada anti racun khusus yang tersedia untuk melawan racun yang disengatkan oleh serangga.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sengatan tawon yang sudah bengkak dari reaksi alergi ringan hingga sedang.

  1. Cucilah bagian yang terkena sengatan dengan sabun dan air untuk mengeluarkan racun sebanyak mungkin.
  2. Kompres dinginlah pada bagian yang tersengat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.
  3. Jagalah agar luka tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi.
  4. Tutuplah dengan kain kasa jika memang dibutuhkan.
  5. Gunakanlah krim hidrokortison atau losion kalamin jika gatal atau iritasi kulit mengganggu.
  6. Gunakan obat penghilang rasa sakit yaitu ibuprofen, obat antihistamin juga dapat mengurangi rasa gatal akibat sengatan tawon.
  7. Selain itu tentunya kalian juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan suntik tetanus beberapa hari setelah sengatan terjadi.

Tapi ketika kalian mengalami reaksi alergi yang berat ketika disengat tawon, tentunya cara mengobatinya bisa meliputi pemberian tambahan epinefrin untuk bisa menenangkan sistem kekebalan tubuh kemudian resusitasi jantung paru jika pernapasan berhenti sejenak dan memberikan oksigen.

Tentunya jika kalian terkena sengatan tawon maka bisa menerapkan beberapa cara penanganan diatas tentunya selain mengobati sengatan tawon yang membengkak kalian juga perlu mengetahui hal yang bisa mencegah agar tidak tersengat tawon yaitu dengan mengenakan sepatu juga kaos kaki saat berada di luar ruangan.

Nah, demikianlah cara pengobatan mengenai sengatan tawon yang sudah bengkak tentunya amatlah mudah dimana kalian bisa mendapatkan pengobatan yang terbaik dengan mengikuti beberapa cara yang telah kami berikan yaitu 7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *