6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

1 min read

6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh – Pohon bidara ini sering disebut widara dimana pohon ini merupakan penghasil buah bidara, tanaman ini memiliki nama latin zizipus mauritiana dan biasanya tumbuh di daerah yang kering.

Selain tanaman ini menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki beragam macam manfaat, ternyata daun ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, dimana daun ini memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh.

6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum menjelaskan khasiat dari daun ini tentunya perlu diketahui bahwa daun bidara berbentuk bulat panjang dengan komposisi kimiawi terdiri dari protein dan asam amino juga flavonoid, alkaloid, glikosida, terpenoid, saponin, serat dan senyawa fenolik.

6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

Tentunya kalian harus mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari daun bidara, dimana beragam manfaat daun bidara bisa didapatkan karena daun bidara menunjukan sifat antioksidan, sifat imun, sitoprotektif, hepatoprotektor, dan aktivitas farmakologis penting lainnya.

6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama untuk kesehatan daun bidara yang pertama adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung, penyakit jantung ini beragam jenis dan penyebabnya, salah satu kondisi yang paling mempengaruhi jantung ialah pola makan, salah satu pola makan yang baik untuk dikonsumsi ialah rebusan air daun bidara.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Selanjutnya manfaat daun bidara yaitu bisa untuk mempercepat penyembuhan luka, dimana sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dikandung dapat membantu menyembuhkan luka seperti lecet, sayatan atau goresan selain itu daun ini juga memiliki senyawa glikosida yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar.

  • Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu menurunkan kolesterol, dimana dengan mengkonsumsi serat yang larut didalam air yang terkandung didalam rebusan daun bidara dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada didalam tubuh, manfaat ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui feses.

  • Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat daun bidara lainnya bisa didapatkan yaitu menurunkan kadar gula darah, dimana khasiat ini bisa didapatkan ketika meminum air rebusan secara rutin, sementara itu selain meminumnya penderia diabetes diharuskan untuk mengurangi mengkonsumsi karbohidrat dan gula secara berlebih.

  • Mengatasi Jerawat

Manfaat yang terakhir ialah dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, caranya sangat mudah, buatlah masker dari daun bidara, dimana daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang mampu membantu dalam mengatasi jerawat, selain itu juga daun ini bisa meremajakan kulit dan melindunginya dari sinar ultraviolet.

Nah, sekarang tentunya kalian sudah mengetahui beberapa manfaat dari daun bidara, tentunya kalian perlu untuk membudidayakannya dirumah, selain untuk kesehatan fisik daun bidara juga biasa digunakan untuk metode ruqyah syar’iyah untuk mengobati sihiri tentunya daun ini memiliki banyak manfaat yang menakjubkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *