6 Cara Mencegah Penyakit Varises

1 min read

6 Cara Mencegah Penyakit Varises – Kalian tau penyakit varises? Kali ini Digital Sehat akan membahas cara mencegah penyakit tersebut. Pada umumnya penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena ini muncul di permukaan kulit bagian kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan varises ini juga dapat dilihat pada anggota tubuh lainnya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kalian perlu mencari tahu bagaimana cara mudah untuk mencegah penyakit varises ini, berikut dibawah ini adalah beberapa tips nya untuk mencegah penyakit varises.

6 Cara Mencegah Penyakit Varises

6 Cara Mencegah Penyakit Varises

Sebenarnya tidak ada cara yang ampuh untuk mencegah munculnya varises di permukaan kulit, Namun jika Anda mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih baik maka memungkinkan untuk memperlambat kehadiran Varises di kulit. Dibawah ini adalah beberapa caranya.

  • Mulai rutin berolahraga

Salah satu jenis olahraga yang paling ampuh untuk mencegah varises ialah dengan berjalan kaki. Selain itu kalian perlu melakukan gerakan yoga yang dapat menjadi pertimbangan Anda, pose yang dianjurkan ialah headstand, shoulder stand, atau legs up the wall, gerakan tersebut bermanfaat untuk meregangkan dan mengencangkan otot betis dan paha belakang agar bisa melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena.

  • Mengubah pola makan

Makanan yang mengandun sodium menyebabkan tubuh menahan air, jadi dengan mengurangi makanan asin dan gurih bisa meminimalisasi situasi tersebut. Oleh karena itu gantilah dengan zat kalium karena dapat membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh seperti Almond, kentang, ikan, sayur-sayuran, kacang-kacangan makanan tersebut akan mencegah timbulnya varises dan sangat penting untuk mengubah pola hidup.

  • Hindari duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama

Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit varises, hal tersebut terjadi karena kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah di kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat dan kondisi tersebut menyebabkan darah menggumpal mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal.

  • Mengubah posisi tidur

Biasanya orang yang sering terkena varises adalah ibu hamil, salah satu cara agar mencegah perkembangan varises di kulit ialah mengubah posisi tidur, cobalah untuk tidur menghadap ke kanan, karena posisi tidur ini sangat dianjurkan dan merupakan salah satu sunnah nabi.

  • Berhenti merokok

Salah satu penyenbab munculnya varises di tubuh ialah karena kita merokok, kandungan berbahaya yang ada di dalamnya membuat pembuluh darah menjadi kaku dan lebih sempit, sehingga dapat menjadi elastis lagi, oleh sebab itu jika Anda melakukan cara ini Anda bisa mencegah penyakit varises tumbuh lebih cepat.

  • Hindari pemakaian baju ketat

Baju yang ketat dapat menghambat aliran darah di tubuh dan jika kita memakai pakaian yang lebih longgar, sirkulasi darah kemungkinan besar lebih lancar ke tubuh bagian bawah, tentunya menggunakan baju yang longgar dapat melancarkan peredaran darah dan dapat mencegah varises.

Bagaimana? Tentunya kalian bisa mendapatkan cara untuk mencegah varises lebih berkembang dengan mengikuti beberapa cara tersebut, tentunya cara tersebut sangat mudah dan bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah berkembangnya varises lebih cepat.

4 Manfaat Masker Oatmeal Untuk Tubuh

4 Manfaat Masker Oatmeal Untuk Tubuh – Oatmeal ini dikenal sebagai makanan yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dimana manfaat untuk kesehatan antara...
cintanyadoi
1 min read

4 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Wajah

4 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Wajah – Mengenai air cucian beras belum banyak orang yang tahu akan manfaaatnya yang amat baik untuk kesehatan...
cintanyadoi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *