5 Penyebab Timbulnya Penyakit Varises

1 min read

5 Penyebab Timbulnya Penyakit Varises – Kalian pernah melihat urat-urat yang menonjol pada kaki seseorang? Kali ini Digital Sehat akan membahas tentang Varises. Timbulnya urat di kaki dinamakan varises, penyakit ini timbul karena dinding pembuluh vena mengalami tekanan tinggi. Akibatnya, terjadi pegangan pada dinding vena yang menyebabkan katup di dalamnya melemah secara perlahan.

Ketika katup melemah pada dinding vena melemah, proses mengalirnya darah ke jantung menjadi terganggu sehingga darah akan mengendap di pembuluh vena, endapan tersebut yang sudah menumpuk akan menyebabkan pembuluh vena membengkak dan terjadilah penyakit varises.

5 Penyebab Timbulnya Penyakit Varises

Varises adalah penyakit yang menonjolkan urat pada bagian tubuh seringnya pada bagian kaki karena pembuluh darah vena yang membengkak. Sama seperti gejala pada penyakit lain, ternyata terjadinya penyakit ini tidak luput dari beberapa faktor, Kalian penasaran? Berikut adalah faktor faktor penyebab varises yang kalian perlu kenali.

  • Faktor genetik

Penyebab yang paling utama timbulnya penyakit ini ialah karena faktor keturunan atau biasa disebut faktor genetik. Apabila salah satu anggota keluarga memiliki riwayat penyakit varises, kemungkinan besar keturunannya juga akan mengalami hal yang sama saat beranjak dewasa nanti.

  • Malas bergerak

Tidak hanya mengurangi produktivitas kerja, sikap malas juga dapat memicu terjadinya varises, ketika tubuh kurang bergerak proses pemompaan darah ke jantung menjadi tidak maksimal, hal ini disebabkan karena otot yang ada di sekitar pembuluh vena tidak mampu menjalankan aktivitasnya secara maksimal dalam tubuh.

  • Menderita obesitas

Ketika berat badan semakin bertambah, maka tekanan pada pembuluh darah vena juga semakin besar, tentunya menyebabkan katup vena menjadi melemah, Darah yang harusnya dialirkan ke jantung perlahan akan berbalik arah, hal ini dapat memicu terjadinya endapat di pembuluh vena dan ga heran klau orang yang punya badan dengan berat yang tinggi maka rentan terkena penyakit varises.

  • Terbiasa menggunakan high heels

Selanjutnya, tak sangka pemakaian high heels terlalu sering dapat menimbulkan penyakit varises, karena ketika menggunakan high heels kinerja pembuluh darah menjadi berkurang dan menyebabkan otot menegang, tentunya bagi yang suka menggunakan high heels sebaiknya pijat dulu kaki selama 5 sampai 10 menit sesudah pemakaian agar otot kaki tidak tegang.

  • Bertambahnya usia

Varises biasanya menyerang orang-orang yang sudah berumur, penyebabnya tidak lain karena katup vena orang yang sudah tua jauh lebih lemah, sehingga proses mengalirnya darah ke jantung menjadi kurang maksimal, tentunya dapat menyebabkan penyakit varises lebih rentan menyerang orang yang sudah lanjut usia.

Bagaimana? Sekarang kalian sudah mengetahui bukan tentang gejala dan penyebab terjadinya penyakit varises? Sekarang kalian perlu memperbaiki pola hidup kalian untuk lebih baik, dan kalian perlu menghindari beberapa penyebab yang dapat menimbulkan varises pada bagian tubuh kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *