5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1 min read

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan – Manfaat temulawak telah terbukti dalam pengobatan tradisional china dimana banyak yang menggunakan temulawak baik temulawak asli maupun dalam bentuk krim sebagai obat anti peradangan serta penyembuh luka.

Dimana tentunya manfaat temulawak ini merupakan tanaman asli indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit dimana tanaman yang memiliki nama latin curcuma xanthorhiza ini biasanya berbentuk seperti silinder dengan diameter 6cm.

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Rimpang merupakan bagian batang yang terletak di bawah tananh dimana rimpang ini juga disebut sebagai umbi bakar atau umbi batang dimana tentunya rimpang temulawak bisa menjadi obat yang sangat menyehatkan.

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak ini sering dimanfaatkan sebagai obat juga penyedap masakan, minuman dan pewarna alami untuk makanan juga kosmetik dimana temulawak sebagai obat sudah lama dikenal dan diketahui, berikut adalah manfaat dari temulawak yang bisa kalian ketahui.

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

  • Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama yaitu merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu dimana hal ini dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan yang ada di dalam tubuh tentunya temulawak sangat baik untuk masalah sistem pencernaan.

  • Mengatasi Osteoarthritis

Manfaat temulawak lainnya yankni bisa membantu pasien yang mengalami osteoarhtritis dimana osteoarthritis ini merupakan penyakit sendi degeneratif dimana sendi di dalam jurnal tentunya menunjukan bahwa dapat meredakan rasa sakit yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

  • Mencegah Kanker

Manfaat temulawak ini didukung sebuah riset dimana menyatakan temulawak ini bisa menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat dimana sudah terdapat penelitian yang menunjukan bahwa temulawak sangat membantu dalam mengatasi perkembangan kanker tersebut.

  • Obat Antiradang

Temulawak ini mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin yang memicu peradangan dimana kandungan antiradang di dalamnya tentu dapat membantu mengatasi penyakit akibat peradangan yang ada pada tubuh.

  • Anti Bakteri

Temulawak juga mengandung berbagai senyawa antibakteri juga antijamur dimana kandungan ini memiliki manfaat terutama untuk membasmi bakteri jenis staphylococcus dan salmonella dimana tentunya cukup ampuh juga dalam menghilangkan jamur dari golongan dermatolita.

Bagaimana? Sekarang kalian sudah tahu bukan manfaat dari temulawak yang sangat menyehatkan untuk tubuh dimana kalian bisa mendapatkan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti 5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *