5 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh

1 min read

5 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh – Gandum ini pada umumnya diolah menjadi tepung roti juga pasta dan olahan lain meski bukan makanan pokok utama tapi gandum ini cukup banyak dikonsumsi di indonesia.

Manfaat gandum untuk kesehatan juga sudah tidak perlu diragukan lagi tapi kalian perlu tahu manfaat dari gandum yang sangat bak untuk kesehatan tubuh, kalian perlu tahu mengenai manfaatnya.

5 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh

Gandum ini terdiri dari 3 bagian yakni bran atau dedak, endospem dan germ atau biji dimana setiap bagiannya tersebut memiliki kandungan gizinya masing masing oleh karena itu untuk mendapatkan seluruh manfaat dari kandungan gandum.

5 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi gandum ini identik dengan pola makan sehat seperti yang kita lihat sendiri gandum memang memiliki kandungan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan tentunya tidak heran jika konsumsi gandum sehari-hari sangatlah disarankan.

5 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh

  • Sumber Serat dan Nutrisi Lainnya

Salah satu alasan gandum ini direkomendasikan sebagai makanan pokok yakni karena kandungan serat yang terdapat di dalamnya dimana gandum ini punya kandungan baik serat larut dan tidak larut yang dibutuhkan oleh tubuh dimana kandungan serat dari roti gandum ini lebih tinggi dibanding serat yang ada dari roti putih.

  • Meningkatkan Sistem Pencernaan

Konsumsi gandum secara rutin dapat memberikan manfaat berupa pencernaan yang lebih sehat dimana kandungan serat dalam gandum ini akan membantu usus agar dapat bekerja lebih teratur dimana gandum juga dipercaya dapat mencegah divertikulosis yakni pembentukan katung kecil dalam dinding usus besar yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

  • Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat gandum berikutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dimana gandum utuh ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara mencegah penyerapan LDL. tentu bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah tentunya gandum juga bisa menurunkan tekanan darah dimana terdapat penelitian yang menunjukan bahwa sekelompok pria yang mengkonsumsi sereal tentunya memiliki resiko lebih rendah terkena hipertensi daripada mereka yang mengkonsumsi satu atau kurang.

  • Mengontrol Gula Darah

Konsumsi gandum utuh dipercaya dapat membantu mengontrol gula darah bahkan dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 dimana hal ini disebabkan karena kebanyakan gandum memiliki keadaan kandungan serat yang tinggi dan dapat mengendalikan berat badan serta mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

Bagaimana? Sekarang kalian sudah tahu bukan mengenai beberapa manfaat dari mengkonsumsi gandum dimana kalian bisa mendapatkan manfaat yang terbaik untuk mengkonsumsi gandum agar kalian bisa mendapatkan banyak manfaatnya untuk kesehatan yakni 5 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *