5 Makanan Dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

1 min read

5 Makanan Dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

5 Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal – Batu ginjal bisa terjadi karena adanya penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal tentu makanan dan minuman tertentu mengandung bahan bahan yang dapat menyebabkan kristal di dalam organ ginjal dan terkadang menyakitkan.

Penilitian yang dihimpun dari riset kesehatan dasar tahun 2013 tentu sekitar 1 persen masyarakat indonesia ternyata punya penyakit batu ginjal dimana penelitian tersebut menyebutkan bahwa ketika kalian terkena batu ginjal maka kemungkinan 50 persen penyakit tersebut akan kembali menyerang.

5 Makanan Dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

Biasanya dalam jangka waktu 10 tahun dan oleh sebab itu kalian perlu menghindari mengkonsumsi yang berlebihan dari beberapa makanan dan minuman penyebab batu ginjal berikut ini.

5 Makanan Dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

Nah, tentunya kalian bisa dapatkan informasi mengenai makanan dan minuman pemicu batu ginjal yang kalian bisa ketahui dari informasi yang bisa kalian dapatkan untuk menghindari penyakit tersebut ialah sebagai berikut.

5 Makanan Dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

  • Teh Hitam

Makanan tidak menjadi penyebab utama batu ginjal dimana minuman tertentu juga berpotensi menyebabkan penyakit ini dimana batu ginjal terbentuk ketika urin mengandung banyak kalsium oksalat dan asam urat yang kemudian dapat membentuk batu di dalam ginjal bahkan batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat.

  • Makanan Asin

Makanan yang asin juga merupakan makanan penyebab batu ginjal karena memiliki kadar sodium yang tinggi dimana peningkatan kadar natrium di dalam urin dapat menghambat absorpsi kalsium ke dalam tubuh akibatnya terjadi penumpukan kalsium di dalam urin.

  • Makanan Olahan

Makanan penyebab batu ginjal selanjutnya yaitu makanan olahan seperti makanan cepat saji, kalengan dan makanan dalam kemasan karenanya batasi konsumsi makanan olah sebagai menu makanan kalian sehari hari karena makanan cepat saji dan makanan kaleng memiliki sodium yang tinggi.

  • Makanan Tinggi Oksalat

Makanan seperti bayam, kacang kedelai, ubi tempe dan tahu merupakan makanan yang sehat tentu apabila dikonsumsi dengan jumlah wajar tapi meski demikian apabila dikonsumsi berlebihan maka deretan makanan tinggi oksalat tersebut dapat menjadi makanan yang memicu batu ginjal, selain beberapa makanan tersebut kopi juga mengandung zat oksalat tentu kalian perlu membatasinya.

  • Daging

Daging ini mengandung protein hewani yang punya manfaat bagi tubuh tapi daging juga termasuk ke dalam makanan penyebab batu ginjal dimana terlalu banyak mengkonsumsi daging ternyata dapat menyebabkan urin ada menjadi asam dan membuat kondisi ini rentan terkena batu ginjal jenis asam urat.

Bagaimana? sekarang kalian sudah tahu bukan mengenai makanan dan minuman yang dapat menyebabkan batu ginjal? Sekarang kalian hanya perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya dan mengurangi porsi yang tidak wajar agar kalian bisa menghindari 5 Makanan Dan Minuman Pemicu Batu Ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *