5 Dampak Negatif Kekurangan Yodium

1 min read

5 Dampak Negatif Kekurangan Yodium

5 Dampak Negatif Kekurangan Yodium – Yodium ini ialah mineral yang cukup penting dibutuhkan tubuh dalam membuat hormon tiroid dan dalam menjaga kadar hormon penting ini perlu dipastikan asupan yodium harian kalian selalu terpenuhi.

Jika kalian tidak memenuhinya maka akan ada beragam dampak negatif dari kekurangan yodium yang akan menyerang tubuh dimana yodium ini sangat dibutuhkan dalam memproduksi hormon tiroid tapi tubuh tidak dapat menghasilkan yodium dengan sendirinya.

5 Dampak Negatif Kekurangan Yodium

Sedangkan hormon tiroid ini merupakan hormon yang penting karena hormon ini berperan dalam mengendalikan metabolisme dan berbagai fungsi tubuh lainnya dan kekurangan yodium untuk membentuk hormon ini dapat mengakibatkan dampak yang luas bagi kesehatan.

5 Dampak Negatif Kekurangan Yodium

Asupan yodium yang tercukupi dengan baik ini dapat berpengaruh terhadap produksi hormon tiroid dalam tubuh dimana selain mengendalikan metabolisme tubuh hormon tiroid juga berperan untuk menstabilkan detak jantung, tekanan darah dan suhu tubuh, selain itu kekurangan yodium bisa menyebabkan beberapa dampak berikut ini.

5 Dampak Negatif Kekurangan Yodium

  • Penyakit Gondok

Kurangnya asupan yodium ini bisa membuat hormon tiroid bekerja lebih keras dari biasanya sehingga kelenjar tiroid bisa mengalami pembesaran dan kondiis ini dikenal dengan penyakit gondok dan gejala lain bisa muncul yaitu sulit menelan, suara serak, batuk juga sulit bernafas.

  • Penyakit Hipotiroidisme

Kurangnya asupan yodium ini bisa menyebabkan hipotiroidisme dan ini merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid menjadi kurang aktif sehingga tidak mampu dalam memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup dimana gejala hipotioidisme yakni berat badan naik tanpa sebab yang jelas, tidak tahan terhadap suhu dungi dan sulit berkonsentrasi.

  • Gangguan Otak Pada Janin

Kekurangan ydium pada ibu hamil juga dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan otak pada janin yang dikandungnya dimana hal ini dapat membuat tumbuh kembang bayi terhambat serta mengganggu perkembangan kognitif kemampuan berfikir dan motoriknya.

  • Bayi Lahir Dengan Berat Rendah

Selain menyebabkan kerusakan otak, kurangnya asupan yodium pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau lahir prematur.

  • Kanker Tiroid

Kekurangan yodium dikaitkan dengan penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroid dimana kondisi ini merupakan salah satu faktor resiko terjadinya kanker tiroid dimana hal ini diperkuat oleh hasil sebuah penelitian yang menunjukan bahwa kanker ini lebih banyak ditemukan pada orang yang kekurangan asupan yodium dalam jangka panjang.

Bagaimana? Sekarang kalian sudah dapatkan informasi mengenai dampak dari kurangnya asupan yodium tentunya kalian jika sudah tahu tentang dampak dari yodium ini kalian perlu mencukupinya agar terhindar dari 5 Dampak Negatif Kekurangan Yodium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *