5 Cara Mudah Latihan Keseimbangan

1 min read

5 Cara Mudah Latihan Keseimbangan

5 Cara Mudah Latihan Keseimbangan – Latihan keseimbangan ini menjadi salah satu unsur kebugaran jasmani dimana tidak hanya untuk keseimbangan, latihan ini juga dapat meningkatkan koordinasi dan kekuatan tubuh sehingga memungkinkan kalian untuk bergerak bebas dengan mudah.

Latihan keseimbangan ini dilakukan dengan melibatkan otot inti dimana pada punggung bagian kaki, berikut tentunya bisa menjadi latihan keseimbangan yang bisa kalian coba di rumah.

5 Cara Mudah Latihan Keseimbangan

Tentu latihan keseimbangan ini punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dimana keseimbangan merupakan salah satu latihan untuk menjaga keseimbangan agar tidak mudah jauh.

5 Cara Mudah Latihan Keseimbangan

Kalian penasaran cara mudah latihan keseimbangan yang bisa dilakukan dirumah? Berikut ini adalah beberapa latihan keseimbangan yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa bantuan alat.

5 Cara Mudah Latihan Keseimbangan

  • Mengayunkan Satu Kaki Ke Depan

Dalam melakukan latihan ini tentu kalian harus berdiri dengan kaki yang melebar lalu tahan berat badan dengan kaki kiri dan ayunkanlah kaki kanan lurus ke depan, tahan selama 30 detik, kemudian turunkan kaki kanan secara perlahan, ulangi pada sisi kaki yang berbeda di mana setiap sisi melakukan latihani ni sebanyak 5 sampai 10 kali.

  • Berdiri Dengan Satu Kaki

Berdirilah dengan tegak, lalu angkat paha kanan kalian dan tahan hingga 15 detik lalu pertahankan postur tubuh yang baik di mana tulang belakang, leher, dan kepala sejajar sehingga kalian hanya berdiri dengan satu kaki, lakukanlah beberapa kali dan ulangi pada sisi yang berbeda.

  • Berjalan Dengan Benda di Atas Kepala

Kalian juga bisa meletakkan suatu benda, seperti halnya buku di atas kepala lalu, berjalanlah dalam garis lurus serta pertahankan postur dan keseimbangan kalian agar buku tersebut tidak jatuh, agar lebih menantang kalian juga bisa berjalan zig zag dan melingkar atau bergerak mundur.

  • Berjalan Mengikuti Garis Lurus

Gunakanlah penanda misal kapur untuk membuat garis yang akan diikuti kemudian berdiri dengan tegak dan letakkan kedua lengan kalian di samping tubuh kemudian langkahkan kaki kanan dalam garis lurus tersebut sehingga tumit menyentuh jari kaki kiri atau sebaliknya lakukanlah secara perlahan dengan pandangan terus ke depan.

  • Mengangkat Satu Kaki Ke Belakang

Berdiri yang tegak dengan kaki saling berdekatan lalu tatap titik fokus di lantai dan perlahan turunkan tubuh sambil mengangkat kaki kiri, letakan sebagian besar beban tubuh di atas kaki kanan, kemudian jaga tulang belakang tetap lurus dan ulurkan tangan ke lantai lalu tahan selama beberapa detik kemudian angkat kembali tubuh dan turunkan kaki kiri secara perlahan.

Bagaimana? Mudah bukan melakukan latihan tersebut? Tentunya kalian bisa melakukannya dengan mudah tentunya bisa di rumah tanpa harus menggunakan alat dan kalian bisa lakukan dengan mudah 5 Cara Mudah Latihan Keseimbangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *