5 Cara Mengatasi Biduran di Tubuh

1 min read

5 Cara Mengatasi Biduran di Tubuh

5 Cara Mengatasi Biduran di Tubuh – Biduran atau dalam istilah medisnya disebut urtikaria dimana merupakan ruam kemerahan yang muncul pada kulit meski bidurang sering dikaitkan dengan reaksi alergi kondisi ini juga dapat dipicu oleh beberapa hal lain seperti stres, efek samping obat, gigitan atau sengatan serangga, suhu dingin atau panas dan infeksi.

Biduran merupakan salah satu masalah kesehatan kulit yang paling sering terjadi dimana diperkirakan sekitar 20% orang dewasa pernah mengalami biduran dan 15% di antaranya pernah mengalami biduran sejak masa kanak kanak.

5 Cara Mengatasi Biduran di Tubuh

Gejala tersebut menandakan reaksi alergi yang parah dan memerluka penanganan segera atpi jika rasa gatal yang dirasakan terkesan ringan, kalian dapat membantu mengurangi gejala biduran dengan beberapa perawatan di rumah.

5 Cara Mengatasi Biduran di Tubuh

Jika biduran tidak disertai gejala lain dan gatal yang dirasakan tidak berat tentu kalian bisa meredakannya dengan beberapa perawatan di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Biduran di Tubuh

  • Jauhi Faktor Pemicu Biduran

Langkah pencegahan dan perawatan terpenting pada biduran ialah mengetahui faktor pemicunya dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan faktor tersebut dan misalnya jika biduran muncul setelah makan makanan tertentu maka hindari mengkonsumsi makanan tersebut.

  • Gunakan Kompres Dingin

Menempelkan sesuatu yang dingin pada kulit agar bisa membantu meringankan iritasi dan meredakan rasa gatal dan dapat menggunakan sebongkah es yang dilapisi dengan handuk dan menempelkannya ke daerah yang terasa gatal selama 10 – 15 menit.

  • Mandi Dengan Larutan Anti Gatal

Terdapat beberapa produk yang bisa di tambahkan ke bak mandi untuk membantu meredakan rasa gatal dimana salah satunya yaitu oatmeal dimana tentu kalian perlu menghindari produk perawatan kulit yang bisa menyebabkan iritasi, berikut jenis sabun yang bisa membuat kulit kering dan gatal, pastikan gunakan khusus sabun untuk kulit sensitif.

  • Jaga Suasana Sejuk

Suhu yang panas tentu bisa membuat rasa gatal semakin parah tentu kenakan pakaian yang tipis dan longgar serta bahannya nyaman dan dapat menyerap keringat juga jaga suhu udara di dalam ruangan agar sejuk dan nyaman.

  • Mengkonsumsi atau Mengoleskan Obat

Jika cara lain tidak efektif meredakan rasa gatal akibat biduran tentu kalian bisa mencoba menggunakan obat obat antigatal yang dijual bebas seperti obat golongan antihistamin dan losion kalamin.

Bagaimana? Sekarang kalian sudah tahu bukan mengenai cara mengatasi biduran yang bisa kalian terapkan agar kalian terhindar dari penyakit biduran dalam mengatasinya dengan 5 Cara Mengatasi Biduran di Tubuh.

4 Manfaat Masker Oatmeal Untuk Tubuh

4 Manfaat Masker Oatmeal Untuk Tubuh – Oatmeal ini dikenal sebagai makanan yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dimana manfaat untuk kesehatan antara...
cintanyadoi
1 min read

4 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Wajah

4 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Wajah – Mengenai air cucian beras belum banyak orang yang tahu akan manfaaatnya yang amat baik untuk kesehatan...
cintanyadoi
1 min read

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon

7 Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Tawon – Umumnya seseorang yang terkena sengatan tawon, lebah atau semut api tentunya akan mengalami reaksi alergi dimana...
cintanyadoi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *