4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

1 min read

4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes – Ada berbagai faktor resiko penyebab diabetes salah satunya ialah pola dan menu makan yang salah, tentu selain asupan kaya gula dan junk food terdapat beberapa jenis makanan penyebab diabetes yang perlu dibatasi konsumsinya.

Apa sajasih makanan tersebut? Simak terus ulasannya. Diabetes baik diabetes tipe 1 atau dua terjadi ketika tubuh kesulitan untuk menggunakan insulin atau memang tidak mampu ketika memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup dimana hal ini akan menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

Pola makan yang tepat dengan kombinasi karbohidrat, lemak, serat dan protein yang sehat ini adalah kunci dari kadar gula darah agar tetap seimbang tentunya ketika sebaliknya makanan penyebab diabetes umumnya berasal dari karbohidrat dan lemak yang tidak sehat.

4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

Nah, kalian penasaran bukan mengenai jenis makanan dapat membuat kadar gula darah naik dan dapat mengganggu kinerja insulin sehingga diabetes meningkat? Berikut ini adalah informasinya.

4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

 

  • Makanan Tinggi Karbohidrat

Nasi putih, tepung terigu, pasta, roti, dan kentang goreng ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat dimana jenis makanan ini bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah karena karbohidrat di dalamnya mudah dicerna tubuh juga lebih cepat berubah menjadi glukosa.

  • Makanan Tinggi Lemak

Lemak jenuh juga lemak trans ini memang tidak secara langsung membuat gula darah melonjak tapi keduanya diketahui memang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan resistensi insulin sehingga dapat meningkatkan resiko diabetes tentu jenis lemak itu terdapat pada daging merah, daging olahan, mentega, selai kacang, krime keju, susu tinggi lemak dan lainnya.

  • Buah Kering & Kalengan

Buah yang dikeringkan umumnya memiliki kadar gula yang cukup tinggi contohnya kismis atau buah anggur yang dikeringkan dimana kismis punya karbohidrat lebih banyak dibanding anggur segar, selain buah kering, buah kaleng atau buah beku yang dibuat smoothies dan jus buah juga termasuk pemicu diabetes yang harus dibatasi konsumsinya.

  • Minuman Ringan Manis

Minuman yang dimaniskan dengan gula termasuk pada kategori asupan pemicu diabetes yang perlu dihindari termasuk teh manis, buble tea, minuman cokelat dan kopi yang dicampur dengan siru, gula atau karamel dimana minuman berenergi dan soda juga termasuk pada kategori tersebut.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu bukan apa saja yang menyebabkan diabetes? Tentu kalian perlu membatasinya agar tidak terkena resiko penyakit diabetes dengan mengurangi konsumsi 4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *