4 Dampak Dehidrasi Bagi Tubuh

1 min read

4 Dampak Dehidrasi Bagi Tubuh

4 Dampak Dehidrasi Bagi Tubuh – Sekitar dua pertiga tubuh terdiri dari air dan untuk menjaga fungsi dan cairan tubuh manusia perlu mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air setiap hari dan kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi ini bisa menyebabkan gangguan fungsi tubuh.

Mulai dari gangguan ringan hingga gangguan yang berat yang mengancam nyawa dimana pada dehidrasi yang berat perlu datang ke rumah sakit agar bisa mendapatkan pertolongan melalui pemberian cairan infus, tentunya cairan infus akan membantu dalam mengembalikan cairan yang sudah banyak keluar.

4 Dampak Dehidrasi Bagi Tubuh

Semua orang beresiko mengalami dehidrasi baik itu bayi, anak dan lansia merupakan kelompok yang rentan terhadap kondisi ini dimana dehidrasi bisa terjadi karena kurangnya cairan yang masuk dan terlalu banyak cairan keluar dari tubuh seperti muntah, diare, demam dan keringat berlebih.

4 Dampak Dehidrasi Bagi Tubuh

Dampak buruk akibat dehidrasi yang dialami bergantung pada tingkat keparahan dehidrasi tersebut dimana dehidrasi ringan dapat membaik dengan meminum banyak air sedangkan dehidrasi berat merupakan suatu kondisi gawat darurat.

4 Dampak Dehidrasi Bagi Tubuh

  • Urin Berwarna Gelap

Pertama kondisi ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan air tentu dengan begitu ginjal akan berusaha keras mencoba menghemat pengeluaran air dengan menghentikan produksi urine dan akibatnya ialah menjadi berwarna gelap atau kuning pekat.

  • Mulut Kering Dan Lidah Yang Sedikit Bengkak

Kondisi selanjutnya terjadi karena tubuh memberi sinyal jika tubuh mengalami dehidrasi dimana mulut yang kering juga lidah yang sedikit bengkak menjadi salah satu penyebab dari dehidrasi yang memang membuat mulut menjadi kering dan lidah membengkak.

  • Kulit Menjadi Tidak Elastis

Jika kalian merasa kekurangan asupan cairan pada tubuh kalian bisa mencoba mempraktekan ini jika kondisi normal saat kalian cubit kulit di punggung tangan ketika dilepas kulit akan normal tapi jika dehidrasi ketika kalian cubit punggung tangan kulit akan lambat untuk kembali normal.

  • Susah Buang Air Besar

Ketika cairan tubuh tercukupi maka makanan yang dikonsumsi akan bergerak bebas di salran pencernaan usus besar akan mneyerap air dan makanan yang dimakan dan kemudian akan mengeluarkan sisa makanan berupap feses tapi jika tubuh keras dan kering kondisi ini yang menyebabkan sembelit.

Bagaimana? Sekarang kalian sudah tahu bukan mengenai dampak dari kekurangan cairan? Mengerikan bukan? Sekarang kalian perlu mencukupi kebutuhan mineral atau cairan tubuh agar kalian bisa mendapatkan kesehatan dan terhindar dari 4 Dampak Dehidrasi Bagi Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *