3 Jenis Penyakit Mata Yang Perlu Diwaspadai

1 min read

3 Jenis Penyakit Mata Yang Perlu Diwaspadai – Sakit mata tentunya dapat menimbulkan berbagai keluhan yang mengganggu seperti mata merah, gatal, nyeri, hingga gangguan pada penglihatan. Beberapa jenis sakit mata dapat menular melalui kontak langsung terhadap si penderita penyakit mata.

Nah, untuk itu Kalian perlu mengetahui beberapa penyakit mata yang berbahaya dan bisa menular, apa saja? berikut adalah beberapa sakit mata yang menular dan perlu dihindari.

3 Jenis Penyakit Mata Yang Perlu Diwaspadai

Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis penyakit mata yang perlu kalian waspadai, dan tentunya kalian tidak boleh beraktivitas dulu karena penyakit mata tersebut bisa menular, Apa saja? berikut adalah informasi penyakit mata yang perlu diwaspadai.

  • Herpes Zoster Oftalmikus

Saat ini, tidak banyak orang yang tahu mengenai virus varicella zoster yang dapat menimbulkan herpes zoter atau cara ular, ternyata juga dapat menyebabkan sakit mata yang disebut dengan herpes zoster oftalmikus, kondisi ini dapat terjadi pada orang yang terkena cacar air saat masih anak anak, beberapa kondisi yang dapat menjadi gejala sakit mata ini ialah antara lain :

  1. Orang yang terkena penyakit ini matanya akan memerah
  2. Rasa sakit parah pada mata atau di sekitar salah satu mata disertai dengan pembengkakan
  3. Ruam kemerahan dan rasa sakit pada kelopak mata terkadang hingga ujung hidung
  4. Sensitif terhadap cahaya

Jika kalian menemukan gejala tersebut segeralah periksa ke dokter spesialis mata terdekat agar segera melakukan pencegahan sebelum terjadi semakin parah.

  • Keratitis Herpes Simpleks

Selanjutnya penyakit mata yang perlu kalian waspadai ialah Keratitis herpes simpleks yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 yang menimbulkan infeksi pada kornea. Kornea ini menjadi berkabut dan membengkak, virus ini sama dengan penyebab luka herpes pada mulut dan bibir, gejalanya adalah sebagai berikut.

  1. Mata merah
  2. Rasa sakit pada mata atau di sekitar salah satu mata
  3. Air mata terus menerus keluar
  4. Mata terasa banyak kotoran
  5. Mata terasa perih ketika melihat cahaya terang

Setelah mengalami infeksi, virus akan berdiam pada serat saraf tanpa menimbulkan gangguan, namun jika sistem kekebalan tubuh melemah, penyakit ini dapat kembali muncul dengan diawali berpindah atau berkembangnya virus ini, virus ini juga bisa menular melalui kontak mata langsung dengan penderita, jika kalian menemukan gejala ini segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

  • Konjungtivis oleh Bakteri, Virus dan Klamidia

Penyakit ini biasa disebut dengan pink eye yang merupakan peradangan konjungtiva, yaitu jaringan tipis yang melapisi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata, alergi debu, iritasi akibat sampo ataupun asap dapat menyebabkan konjungtivis. Penyakit ini bisa menular disebabkan oleh virus dan bakteri, konjungtivis akiubat bateri dan virus inilah yang dapat menular dengan mudah dari penderita ke orang lain, pada infeksi yang terjadi pada bayi baru lahir penyakit ini bisa menimbulkan gangguan penglihatan yang berbahaya, berikut adalah gejalanya.

  1. Mata lebih berair dari biasanya
  2. Area putih pada mata menjadi merah
  3. Mata terasa gatal atau perih
  4. Lebih sensitif terhadap cahaya
  5. Penglihatan menjadi lebih buram atau pandangan kabur

Nah, jika kalian menemukan beberaepa gejala gejala yang terjadi pada bagian mata Anda atau anak Anda, segeralah periska ke spesialis mata terdekat untuk mengontrol penyakit mata tersebut agar bisa segera dilakukan penanganan.

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui beberapa sakit mata yang perlu untuk diwaspadai bukan? Tentunya kalian perlu menjaga kesehatan dan kebersihan kalian dalam beraktivitas, karena semua penyakit disebabkan kita yang kurang bersih dan kurang teliti dalam menjaga kesehatan.

Pengobatan Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui

Diabetes melitus atau yang sering disebut kencing manis adalah penyakit akibat kadar gula darah yang berlebih sehingga pengobatan diabetes melitus menjadi hal penting. Penyakit...
cintanyadoi
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *