3 Jenis Penyakit Kulit & Cara Mengatasinya

1 min read

3 Jenis Penyakit Kulit & Cara Mengatasinya – Penyebab dan gejala dari penyakit kulit tentunya sangat beragam, ada penyakit kulit yang terasa gatal bahkan nyeri, ada juga yang membuat kulit menjadi rusak dan tidak enak dipandang.

Penyakit kulit ini juga bisa ringan dan juga bisa berbahaya hingga berpotensi mengancam nyawa. Kulit ialah organ terbesar yang ada pada tubuh, berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus dan sinar matahari serta membantu mengatur suhu tubuh, merasakan sensasi sentuhan dan nyeri serta menghasilkan vitamin D.

3 Jenis Penyakit Kulit & Cara Mengatasinya

Sebagiai bagian terluar pada tubuh yang menerima beragam paparan dari lingkungan tentunya kulit dapat dengan mudah mengalami gangguan atau penyakit, penyakit ini dapat muncul tanpa terduga dan banyak orang yang menganggap penyebabnya selalu dengan kebersihan tubuh yang buruk, padahal ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit kulit muncul.

3 Jenis Penyakit Kulit & Cara Mengatasinya

Berikut ini ialah jenis penyakit kulit berdasarkan beberapa penyebabnya, simak terus ulasannya ada dibawah ini.

  • Penyakit kulit karena peradangan

Peradangan pada kulit disebut dengan Dermatitis, konidisi ini terjadi bila kulit bersentuhan dengan bahan bersifat iritatif atau dengan alergen, gejala umumnya berupa gatal, kemerahan dan bengkak. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis penyakit kulit akibat peradangan atau dermatitis.

  1. Dermatitis kontak iritan
  2. Dermatitis kontak alergi
  3. Dermatitis atopik
  4. Dermatitis seboroik
  • Penyakit kulit karena kelainan Autoimun

Gangguan autoimun ini bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat, beberapa penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan ini ialah sebagai berikut.

  1. Psoriasis yang merupakan kondisi dimana sel kulit tumbuh terlalu cepat, sehingga menumpuk dan membentuk bercak kemerahan disertai sisik warna pereak.
  2. Vitiligo terjadi karena sel kulit yang memproduksi melanin tidak berfungsi, akibatnya kulit kehilangan warna dan muncul bercak putih.
  3. Skleroderma
  4. Pemfigus
  5. Discoid lupus ertythematosus
  • Penyakit kulit karena infeksi

Penyakit kulit akibat infeksi ini umumnya merupakan penyakit yang menular, bisa disebabkan oleh beberapa penyebab dibawah ini.

  1. Infeksi bakteri
  2. Infeksi virus
  3. Infeksi jamur
  4. Infeksi parasit

Selain beberapa penyakit kulit diatas tentunya ada juga penyakit kulit yang mematikan yaitu kanker kulit, kaneker kulit ini disebabkan akibat pertumbuhan sel ganas di kulit, ada banyak jenis kanker kulit diantaranya melanoma, aktinik keratosis, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

Cara Mengatasinya

Pengobatan macam penyakit kulit ini tergantung dari jenis dan penyebabnya, ada banyak penyakit kulit yang bisa sembuh dengan sendirinya juga ada yang perlu ditangani medis, berikut adalah beberapa jenis pengobatan yang sering digunakan.

  1. Kortikosteroid : obat yang digunakan untuk mengurangi respon daya tahan tubuh yang terlalu aktif.
  2. Antihistamin : Obat yang digunakan untuk mengatasi kulit akibat infeksi bakteri.
  3. Obat antivirus & jamur : Obat yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala dan membasi virus dan jamur penyebab penyakit kulit.
  4. Operasi : operasi dilakukan untuk mengatasi kanker kulit atau penyakit kulit lain contohnya kutil.

Selain itu, kita juga perlu menjaga kebersihan diri dengan mandi setiap hari dengan sabun yang berbahan lembut agar tentunya kita lebih terjaga dari penyakit kulit tersebut, demikian 3 Jenis Penyakit Kulit & Cara Mengatasinya semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan semakin bisa menjaga diri dari sebab sebab penyakit yang cukup serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *