10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

3 min read

 

Puasa adalah salah satu ibadah yang besar pahalanya bagi umat islam. Seringkali, orang – orang menganggap puasa hanyalah sebagai perintah dan kewajiban dalam agama saja. Padahal, selain memiliki manfaat pahala, puasa juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Khususnya dari sisi kesehatan.

Manfaat puasa bagi kesehatan ada banyak sekali. Baik untuk menjaga kesehatan, menjaga berat badan, hingga alasan – alasan lainnya. Selain itu, puasa juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mental juga. Karena itu, mengenal manfaat puasa bagi kesehatan menjadi hal yang menarik untuk diketahui.

Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

#1 Puasa Sebaga detoksifikasi atau Membersihkan Racun

Berbagai makanan olahan yang dikonsumsi oleh tubuh memiliki berbagai zat tambahan yang tidak baik untuk tubuh. Apabila terus menumpuk, zat tambahan ini bisa menjadi racun dan memberikan dampak negative kepada tubuh.

Meskipun tubuh manusia memiliki system detoksifikasi sendiri dengan adanya hati, tetapi hal itu saja masih tidak cukup. UNtuk itu, Anda perlu melakukan puasa sebagai sarana membersihkan tubuh dan system pencernaan dengan lebih baik lagi.

Biasanya, racun dalam tubuh tersimpan dalam lemak. Lemak ini kemudian akan terbakar selama Anda menjalani proses puasa. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi sebab – sebab timbulnya penyakit pada tubuh. Khususnya yang berkaitan dengan system pencernaan.

#2 Puasa Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Pada saat Anda berpuasa, selama beberapa jam system pencernaan Anda akan beristirahat. Khususnya pada siang hari. Dengan melakukan puasa, Anda juga akan merasakan bagaimana system pencernaan Anda terasa lebih ringan.

Meskipun begitu, fungsi fisiologis tubuh tetap akan berjalan sebagaimana biasanya. Termasuk juga system sekresi. Akan tetapi, proses ini akan berlangsung dalam tintkat yang lebih mudah dan ringan. Meskipun tidak secara langsung, hal ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

#3 Puasa Membantu Mengatasi Peradangan

Anda yang mengalami alergi atau peradangan bisa mencoba melakukan puasa secara rutin. Misalnya melakukan puasa daud selama 2 hari sekali atau puasa senin kamis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa secara rutin dapat menurunkan efek peradangan dan alergi.

Beberapa penyakit radang yang membaik dengan puasa adalah rheumatoid arthritis, arthritis, dan juga penyakit kulit seperti psoriasis. Selain itu, puasa juga dapat menyembuhkan radang usus besar seperti colitis ulserativa.

#4 Puasa Dapat Mengurangi Gula Darah

Saat Anda menjalankan puasa dan tidak makan selama berjam – jam, tubuh akan merespon dengan menggunakan glukosa pada jaringan tubuh. Penggunaan glukosa ini sebagai respon alami tubuh untuk menjaga supaya Anda tetap memiliki energy untuk beraktivitas selama berpuasa.

Anda yang memiliki gula darah tinggi dapat melakukan puasa untuk menurunkan kadar gula darah. Akan tetapi, jika Anda memiliki diabetes, puasa dalam jangka waktu yang panjang tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena itu, akan lebih baik jika Anda menemui dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukan puasa.

#5 Membantu Mengatasi Kegemukan

Anda yang ingin menurunkan berat badan bisa menjadikan puasa sebagai pilihan alternative diet. Selain mendapatkan manfaat diet, Anda juga bisa mendapatkan pahala. Apalagi, puasa juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan tanpa efek samping, khususnya bagi orang yang memiliki riwayat penyakit.

Pada saat Anda mulai menjalankan puasa. Secara otomatis tubuh akan melakukan pemecahan glukosa. Setelah glukosa habis, proses ketosis akan dimulai dan tubuh akan mulai melakukan pemecahan lemak. Khususnya emak yang ada di ginjal dan otot.

Saat tubuh melakukan proses pemecahan lemak inilah secara bertahap Anda bisa mendapatkan tubuh ideal yang Anda harapkan. Semakin banyak emak yang terbuang, akan semakin baik juga manfaatnya untuk Anda.

Karena jika tubuh menyimpan lemak dalam jumlah yang berlebihan, maka tubuh akan merasa kesulitan untuk bisa berfungsi secara normal dan malah menimbulkan resiko penyakit bahkan penyakit yang serius.

#6 Puasa Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak metode yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Puasa adalah salah satu metode alami untuk mendapatkan hal tersebut. Dengan melakukan puasa, Anda meminimalisir resiko atherosclerosis atau pembentukan plak pada dinding arteri.

Pada umumnya, dinding arteri terbentuk melalui lemak yang terakumulasi dan umumnya terjadi pada orang yang mengalami kegemukan. Selain lemak, plak tersebut juga disebabkan oleh penumpukan kalsium dan substansi lainnya yang mengalir dalam darah.

Pada saat plak terbentuk, aliran darah akan menjadi terganggu. Hal ini juga ikut mempengaruhi tekanan darah dan bisa menimbulkan resiko tekanan darah tinggi. Puasa membantu mengurangi pembentukan plak dan juga meminimalisir resiko tekanan darah tinggi.

#7 Membantu Meningkatkan Imunitas

Saat melakukan puasa yang benar, pola makan Anda juga akan menjadi berimbang. Apalagi jika Anda makan pada waktu sahur dan berbuka sebagaimana mestinya. Pola makan yang sehat akan membantu Anda mendapatkan imunitas yang lebih baik.

Sebagai referensi, Anda bisa mengkonsumsi buah – buahan pada saat berbuka. Buah memberikan Anda asupan vitamin dan mineral yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin A dan E sebagai antioksidan. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral pada buah juga membantu Anda memiliki kekebalan tubuh atau imunitas yang lebih baik.

Apalagi, buah – buahan juga memiliki kandungan air yang banyak. Anda bisa mengkonsumsi buah – buahan pada saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, cairan tubuh yang hilang selama Anda menjalani puasa bisa segera terganti dan Anda juga jadi bisa menjaga kondisi tubuh tetap fit dan berenergi.

#8 Membantu Mengatasi Kecanduan

Selama puasa, Anda diharuskan untuk menahan diri selama hampir sepanjang hari. Tanpa sadar, Anda jadi terbiasa untuk melepaskan diri dari hal – hal yang biasa Anda konsumsi. Termasuk juga nikotin, alcohol, kafein, dan zat adiktif lainnya.

Mengurangi kecanduan dengan puasa memang tidak bersifat permanen, tapi puasa dapat membantu Anda mengontrol keinginan untuk mengkonsumsi zat – zat tersebut selama beberapa waktu. Meskipun begitu, jika Anda mau, Anda bisa meneruskan kebiasaan tersebut ke depannya.

#9 Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran

Bukan saja untuk hal – hal yang berkaitan dengan fisik saja, manfaat puasa juga termasuk dalam kesehatan mental. Berpuasa dapat membantu Anda memiliki hati dan pikiran yang lebih tenang. Apalagi jika Anda mengimbanginya dengan pikiran yang positif, kegiatan yang produktif, juga ibadah.

#10 Sarana Melakukan Diet Sehat

Anda yang terbiasa mengkonsumsi junk food bisa menjadikan puasa sebagai sarana untuk mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat tersebut. Berpuasa secara rutin dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makan olahan. Biasanya, orang yang melakukan puasa akan cenderung memilih makanan seperti buah atau makanan yang mengandung banyak air lainnya. Nah, itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selain puasa Ramadhan, ada berbagai jenis puasa sunnah lainnya yang bisa Anda jadikan sarana untuk mendapatkan manfaat tersebut. Anda bisa memilih puasa sunnah yang menurut Anda paling sesuai dan nyaman untuk Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *